Apa Beda Manfaat Susu Sapi, Kambing, Kuda, dan Kerbau?

Apa Beda Manfaat Susu Sapi, Kambing, Kuda, dan Kerbau?

Apa Beda Manfaat Susu Sapi, Kambing, Kuda, dan Kerbau?-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Susu adalah produk hewani yang banyak dikonsumsi oleh manusia. 

Susu mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin, dan mineral. 

Namun, susu yang dihasilkan oleh hewan yang berbeda memiliki kandungan gizi yang berbeda pula. Hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan, pakan, dan cara pengolahan susu. 

Beberapa jenis susu yang umum dikonsumsi oleh manusia adalah susu sapi, susu kambing, susu kuda, dan susu kerbau. Berikut ini adalah perbandingan manfaat susu dari keempat hewan tersebut.

- Susu Sapi

Susu sapi mungkin merupakan jenis susu yang paling populer dan sering dikonsumsi oleh manusia. 

Susu sapi mengandung banyak vitamin dan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, vitamin B2, potasium, zat besi, kalsium, magnesium, yodium, dan seng. 

Kandungan kalsium pada susu sapi terkenal sangat penting untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak dan mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) pada orang dewasa. 

Susu sapi juga mengandung zat yang dapat merangsang hormon melatonin, yaitu hormon yang dapat membuat seseorang merasa mengantuk dan membuat tidur menjadi pulas.

BACA JUGA:Ini Perbandingan Gizi Pada Susu Bubuk, dan Susu Cair

BACA JUGA:3 Susu Alternatif dari biji-bjian, Kaya Nutrisi dan Ramah Lingkungan Pengganti Susu Sapi

Namun, susu sapi juga memiliki beberapa kekurangan. Susu sapi memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Susu sapi juga dapat menyebabkan alergi atau intoleransi laktosa pada sebagian orang, terutama yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Gejala alergi atau intoleransi laktosa antara lain mual, diare, kembung, dan sakit perut.

- Susu Kambing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: