5 Gejala dan Ciri-ciri Tekanan Darah Tinggi yang Jarang Disadari, Apa Saja?

5 Gejala dan Ciri-ciri Tekanan Darah Tinggi yang Jarang Disadari, Apa Saja?

5 Gejala dan Ciri-ciri Tekanan Darah Tinggi yang Jarang Disadari, Apa Saja?-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM – Penyakit yang disebabkan oleh tensi darah atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai, kondisi ini dapat terjadi ketika kesehatan sirkulasi darah pada dinding pembuluh darah utama terlalu tinggi.

Pada umumnya tekanan darah tinggi dapat terjadi apabila tensi berada pada angka 130/80 mmHg atau lebih, tekanan darah tinggi yang terlanjur berkembang dapat menyebabkan beberapa penyakit lain.

Tekanan darah tinggi tidak hanya di alami oleh orang tua saja, bahkan bisa saja kondisi ini dirasakan pada usia muda apabila pola hidup yang dijalani tidak sehat, banyak orang yang tidak sadar sebenarnya apa saja gejala darah tinggi yang patut diwaspadai, karena jika tidak diketahui penyakit darah tinggi ini bisa berkembang parah dan berisiko pada kesehatan lain.

BACA JUGA:Ini Penjelasan ahli gizi, Anak Zaman Dulu Tumbuh Sehat Tanpa Susu Tambahan?

BACA JUGA:Apakah Benar Mengonsumsi Mentimun Setiap Hari dapat Turunkan Kadar Gula Darah? Simak Penjelasannya Berikut

Penting sekali untuk mengetahui apa-apa saja gejala dan ciri-ciri tekanan darah tinggi agar dapat dicegah dan tidak berlarut-larut yang berdampak memengaruhi gejala kesehatan lainnya, dikutip dari berbagai sumber ini dia gejala awal dari darah tinggi:

1. Sakit kepala

Sebagian orang menganggap bahwa sakit kepala merupakan gejala ringan yang biasa di alami bahkan bisa sembuh dengan sendirinya, padahal jika sakit kepala terjadi terlalu sering bisa menjadi salah satu tanda bahwa tekanan darah sedang tinggi. Sakit kepala ketika tekanan darah tinggi bukan hanya merasakan pusing namun juga dapat memicu nyeri yang berdenyut pada kepala.

2. Nyeri dada

Nyeri dada dapat menjadi salah satu tanda atau gejala tekanan darah tinggi, pasalnya tekanan darah tinggi dapat merusak arteri yang kemudian menurunkan elastisitas arteri yang menyebabkan penurunan aliran darah ke jantung.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Makanan yang Dapat Meredakan Nyeri Haid dan Bantu Ringankan Kram Perut

BACA JUGA:Inilah Rekomendasi Makanan Enak yang Ampuh Turunkan Gula Darah yang Tinggi

3. Pandangan kabur

Bukan hanya menjadi gejala penyakit katarak, pandangan mata menjadi kabur juga dapat terjadi apabila tekanan darah cukup tinggi, hal ini dipengaruhi oleh pembuluh darah yang ada di area mata sehingga menyebabkan peradangan pada retina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: