Desa Terindah Nagari Tuo Pariangan Berada Di Sumbar, Begini Penampakannya

Desa Terindah Nagari Tuo Pariangan Berada Di Sumbar, Begini Penampakannya

Desa Terindah Nagari Tuo Pariangan Berada Di Sumbar, Begini Penampakannya-Istimewa-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Salah satu desa terindah di Indonesia bahkan masuk daftar desa terindah di Dunia, berada di Sumaneta Barat (Sumbar). Namanya desa Wisata Nagari Tuo Pariangan yang berada di Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar.

Desa ini cukup mudah di jangkau, jaraknya dari Kota Padang yang merupakan ibukota Sumbar hanya sekitar 95 kilometer. Menuju desa ini bisa menggunakan kendaraan roda empat mapun roda dua.

Melansir dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Wisata Nagari Tuo Pariangan memilili ke indahan yang memukau, hingga tercatat sebagai desa terindah.

Terletak di lereng Gunung Marapi, yang merulakan salah sayu gunung aktif di Indonesia.

BACA JUGA:Yuk Simak, Inilah Tanda Bahwa Selama Ini Kamu Hanya Dijadikan Second Choice Olehnya

BACA JUGA:Potensi Emas dan Batu Bara Perbatasan Mukomuko – Kerinci Belum Tergarap

Desa Terindah Nagari Tuo Pariangan terdapat di ketinggian sekitar 500-700 meter dan memilili topografi perbukitan dan pergunungan dengan udara yang sejuk.

Saat datang ke sana, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan desa yang elok dan subur, memiliki sawah berjenjang yang memanjakan mata, jika dilihat dari lereng Gunung Marapi, hingga ke Danau Singkarak.

Bahkan dalam Tambo atau cerita tradisi lisan masyarakat Minangkabau, Pariangan sebagai desa atau nagari tertua,tempat nenek moyang dan peradaban mereka bermula.

Seperti tertuang dalam pepatah kuno "Dari mano dataing titik palito, dari telong nan batali. Dari mano asa nenek moyang kito, dari puncak gunuang Marapi."

BACA JUGA:Anda Susah Tidur Amalkan 4 Sunah Ini, Kata Ustadz Abdul Somad Tidur Nyenyak dan Berkualitas

BACA JUGA:Nama Makanan Yang Terdengar Asing, Padahal Hanya Sebuah Singkatan

Sekarang masih banyak berbagai bukti peradaban tua masyarakat Minangkabau di nagari ini seperti batu lantak tigo, kuburan panjang Datuak Tantejo Gurhani, sawah satampang baniah, lurah indak barayia, serta masih banyak lagi lainnya.

Gelar desa terindah ini, di berikan oleh Majalah Budget Travel dengan judul World’s 16 Most Picturesque Villages pada, 23 Februari 2012 silam. Majalah terbitan New York ini, berfokus pada pariwisata internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: