4 Cara Ampuh Membersihkan Kerak Gosong yang Ada Pada Pantat Panci atau Wajan, Simak Disini

4 Cara Ampuh Membersihkan Kerak Gosong yang Ada Pada Pantat Panci atau Wajan, Simak Disini

4 Cara Ampuh Membersihkan Kerak Gosong yang Ada Pada Pantat Panci atau Wajan, Simak Disini--

RADARMUKOMUKO.COM – Memasak adalah kegiatan sehari-hari yang tidak pernah dilewatkan, terlalu sering memasak kadang membuat panci atau wajan yang digunakan lebih mudah gosong dan hitam dibagian belakangnya.

Peralatan masak yang bersih dan kinclong adalah impian banyak ibu-ibu rumah tangga, selain lebih higenis, kondisi peralatan masak yang bersih juga dapat membuat mood happy dan betah ketika memasak di dapur.

Ada beberapa hal yang menyebabkan pantat panci atau wajan mudah gosong, mulai dari proses masak yang terlalu lama, kondisi api kompor yang tidak stabil hingga makanan dari wajan yang kadang meluber dan tumpah-tumpah sehingga meninggalkan bekas.

BACA JUGA:Faktor Ini Membuat Orang Mudah Sudah Terserang Demensia?

Lalu, jika sudah gosong bagian pantat wajan, bagaimana cara membersihkannya? Dikutip dari berbagai sumber, begini cara membersihkan kerak gosong pada pantat wajan ataupun panci:

1. Gunakan belimbing wuluh

Siapa yang menyangka bahwa ternyata belimbing wuluh dapat digunakan untuk membersihkan pantat panci yang gosong, caranya dengan memilih belimbing wuluh tua dengan kandungan asam yang sudah berkurang dan gosokkan ke bagian belakan panci dan diamkan beberapa saat.

2. Baking soda dan air

Cara yang satu ini sudah cukup dikenal banyak orang, caranya dengan mencampurkan baking soda dan air dengan perbandingan 2:1 sehingga teksturnya tidak terlalu cair ataupun kental, oleskan campuran tadi ke bagian belakang wajan dan diamkan 15 menit lalu gosok dengan sikat baja dan bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:Kenapa Banyak Sekali Orang yang Menyukai Ramalan Zodiak? Inilah Jawaban dari Para Ahli

3. Oles saus tomat

Ternyata saus tomat juga cukup efektif untuk membersihkan kerak hitam pada pantat wajan, hal ini terjadi karena saus tomat memiliki kandungan asam yang ampuh untuk membersihkan kerak, caranya dengan mengoleskan saus ke bagian belakang wajan hingga rata lalu diamkan 15 menit dan cuci bersih dengan sabun cuci piring lalu keringkan.

4. Siram cuka

Kandungan asam asetat yang ada pada cuka dipercaya mampu untuk menghilangkan kerak hitam pada wajan, caranya dengan menyiram langsung cuka pada bagian yang gosong dan diamkan selama satu jam lalu gosok dengan sikat cuci piring, terakhir bilas sampai bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: