Titik Jalan Nasional Mukomuko-Bengkulu Yang Terancam Putus

Titik Jalan Nasional Mukomuko-Bengkulu Yang Terancam Putus

Titik Jalan Nasional Mukomuko-Bengkulu Yang Terancam Putus--

RADARMUKOMUKO.COM - Setiap hari ada ratusan bahkan ribuan kendaraan yang melintasi jalan nasional Kota Bengkulu-Mukomuko menuju Sumatera Barat (Sumbar).

Sebagian pengendara sudah memahami kondisi jalan yang dilewati. Namun bagi sebagian pengendara belum terlalu femiliar. Maka perlu waspada dan berhati-hati.

Pasalnya beberapa titik jalan nasional Mukomuko-Bengkulu terancam putus dampak erosi dan longsor. Bahkan sebagian badan jalan sudah amblas dan terjadi pengalihan jalan darurat.

BACA JUGA:Bikin Awet Muda, Ini 4 Manfaat Air Hujan Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Untuk antisipasi putusnya jalan nasional di wilayah Bengkulu, perlu penanggulangan segera dengan pemasangan tanggul pengaman pantai yang tak erus menerus menerjang pesisir pantai.

Pada dasarnya pembangunan pengaman-pengaman pantai di Provinsi Bengkulu tiap tahun berjalan, sperti tahun sebelumnya pembangunan pengaman pantai kritis Kabupaten Bengkulu Utara sepanjang 400 meter di Pantai Lais.

Adapun titik erosi paling parah hingga sudah menggerus badan jalan, di Kecamatan Lais, setidaknya ada 2 titik jalan nasional yang terancam putus. Erosi yang terjadi sudah menggerus bahu jalan, hingga pengendara harus menghindari sisi kiri jalan dari arah Bengkulu .

BACA JUGA:4 Tips Merebus Daun Singkong Agar Hasilnya Tetap Hijau dan Lebih Cepat Empuk

Di Desa Urai Kecamatan Batik Nau, ada beberapa titik jalan yang terancam putus, bahkan di salah satu titik, bagian badan jakan sudah alami amblas.

Terus di Kecamatan Ketahun, Bengkulu Utara setidaknya ada 3 titik jalan nasional yang terancam putus. Bakan di Desa Selolong terdapat jalan yang sudah amblas hingga dilakukan pengalihan jalan darurat. Di beberapa titik lainnya, jarak bibir pantai dengan jalan hanya beberapa meter saja.

Juga di Kecamatan Putri Hijau, Bengkulu Utara juga terdapat longsoran yang menggerus badan jakan di dakam kawasan perkebunan sawit milik salah satu perusahaan yang ada di sana. Pantauan media ini, bahu jalan sudah amblas hingga belasan meter ke kurang. 

Berikutnya di Wilayah Kabupaten Mukomuko, terutama di antara Air Dikit dan Kota Mukokomo juga terdapat beberapa titik jalan nasional terancam putus. Pemerintah sudah membangun tanggung barasi yang cukup panjang, namun belum menyelesaikan persoalan erosi yang mengamcam jalan lintas sumatera tersebut.

Salah seorang pengendara, Asep Wakyu mengakui kondisi jalan Bengkulu - Mukokomuko di beberapa titik cukup mengkhawatirkan, terutama untuk jalur pesisir melewati Urai Ketahun.

BACA JUGA:Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024: Hindari Kesalahan Ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: