4 Tips Merebus Daun Singkong Agar Hasilnya Tetap Hijau dan Lebih Cepat Empuk

4 Tips Merebus Daun Singkong Agar Hasilnya Tetap Hijau dan Lebih Cepat Empuk

4 Tips Merebus Daun Singkong Agar Hasilnya Tetap Hijau dan Lebih Cepat Empuk--

RADARMUKOMUKO.COMDaun singkong merupakan salah satu jenis daun yang bisa di olah menjadi sebuah masakan, mulai dari gulai, tumis, hingga hanya sekedar dijadikan lalapan saja dengan cara di rebus.

Jika di lihat secara sepintas, merebus daun singkong sama saja seperti merebus biasanya, tetapi perlu diketahui bahwa ketika merebus daun singkong harus memperhatikan beberapa tips supaya hasil daun yang direbus tetap hijau, alias tidak menghitam.

Cara merebus daun singkong yang asal-asalan biasanya akan membuat daun singkong berubah warna menjadi agak menghitam dan teksturnya cukup keras atau alot sehingga kurang menarik untuk dimakan.

BACA JUGA:Simpel dan Bikin Ketagihan, Ini Dia Resep Es Semangka Susu yang Manis dan Nyegerin

Lalu, bagaimana cara merebus daun singkong yang benar agar hasilnya tetap hijau dan cepat empuk? Dikutip dari berbagai sumber, begini penjelasannya:

1. Pilih pucuk daun singkong lebih banyak

Ketika ingin memasak daun singkong disarankan untuk memilih bagian pucuk daun singkong lebih banyak, selain lebih enak, warna dari pucuk daun ini pun lebih cerah dari pada daun singkong yang tua.

2. Beri baking powder

Tips yang satu ini sebenarnya sudah cukup popular, banyak yang percaya bahwa menggunakan baking powder ketika merebus daun singkong dapat membuat warnanya tetap hijau, caranya dengan gunakan 1 sendok  baking powder ke dalam 1 liter air.

BACA JUGA:Mau Warnai Rambut? Gunakan Bahan-bahan Alami Ini Agar Sehat dan Tidak Berbahaya

3. Rebus daun ketika air mendidih

Beberapa orang melakukan kesalahan dengan cara merebus daun singkong ketika air belum mendidih, padahal merebus daun yang benar adalah dengan menunggu air mendidih baru dimasukkan pucuk ubi agar warnanya tetap hijau dan dipastikan hasilnya empuk.

4. Jangan ditutup ketika merebus

Kebiasaan yang sering kita lakukan adalah menutup panci ketika merebus sesuatu padahal ketika merebus daun singkong hal ini tak perlu dilakukan, karena ketika ditutup maka asam dari daun singkong akan menguar dan justru berputar-putar di dalamya sehingga mempengaruhi warna dari daun tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: