Mana yang Lebih Bagus, SMA atau SMK? Ini 5 Perbedaan yang Bisa Jadi Pertimbangan Sebelum Memilih

Mana yang Lebih Bagus, SMA atau SMK? Ini 5 Perbedaan  yang Bisa Jadi Pertimbangan Sebelum Memilih

Mana yang Lebih Bagus, SMA atau SMK? Ini 5 Perbedaan yang Bisa Jadi Pertimbangan Sebelum Memilih--

RADARMUKOMUKO.COM – Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting, ketika lulus dari bangku SMA biasanya banyak siswa yang akan dibingungkan dengan pilihan SMA atau SMK?

Sebenarnya SMA maupun SMK secara umum memiliki tujuan yang sama dan juga jenjang yang sama,  hanya saja kedua instansi ini memiliki sistem yang berbeda meskipun sederajat.

SMA merupakan singkatan dari sekolah menengah atas yang di dalamnya akan mempelajari semua pelajaran umum layaknya ketika SMP tetapi pelajaran jauh lebih kompleks, sedangkan SMK merupakan singkatan dari sekolah menengah kejuruan, sesuai dengan namanya SMK biasanya akan ada jurusan khusus sesuai minat dan bakat.

BACA JUGA:Ikuti dan Terapkan Bentuk Latihan Sederhana Ini di Rumah Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Apa Saja?

Untuk lebih jelasnya lagi, dibawah ini sudah dijelaskan beberapa perbedaan SMA dan SMK yang nantinya bisa jadi bahan pertimbangan untuk memilih.

Dikutip dari berbagai sumber, begini penjelasannya:

1. Jurusan

Perbedaan pertama yang paling signifikan antara SMA dan SMK terletak pada jurusannya, biasanya SMK akan memiliki jurusan yang lebih banyak dan detail dibandingkan dengan SMA.

Jika di SMA hanya ada jurusan umum seperti IPA dan IPS, maka di SMK memiliki jurusan seperti tata boga, tata busana, teknik mesin dan masih banyak yang lainnya.

2. Biaya pendidikan

Seperti yang kita ketahui bahwa jurusan di SMK lebih detail dan juga lebih banyak melakukan praktik, hal ini membuat biaya antara SMA dan SMK berbeda. Untuk biaya, biasanya SMK akan lebih mahal dari pada SMA sekolah umum.

3. Tujuan pendidikan

Meskipun memiliki prinsip yang sama untuk tetap belajar namun kedua sekolah ini memiliki tujuan yang berbeda, SMA biasanya ditujukan untuk fokus melanjutkan ke perguruan tinggi sedangkan SMK biasanya untuk mereka yang ingin langsung terjun ke dunia kerja, karena sudah memiliki bekal dan bakat sebelumnya.

BACA JUGA:Jenuh Wisata Gunung dan Pantai, Ini Wisata Susur Sungai Cukang Taneuh Pangandaran Serunya Naik Getek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: