Sebanyak 919 Penyandang Disabilitas di Mukomuko Masuk DPT Pemilu 2024

Sebanyak 919 Penyandang Disabilitas di Mukomuko Masuk DPT Pemilu 2024

Sebanyak 919 Penyandang Disabilitas di Mukomuko Masuk DPT Pemilu 2024 -Ilustrasi-

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Sejumlah 919 jiwa penyandang disabilitas di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Misbahul Amri pada Minggu, 14 Januari 2024. 

‘’DPT Pemilu dari kalangan penyandang disabilitas sebanyak 919 jiwa. Terbanyak dari kalangan cacat fisik, jumlahnya mencapai 408 jiwa,’’ kata Misbahul Amri.

BACA JUGA:Daerah Ini Lirik Sistem Optimalisasi Pajak Parkir Mukomuko

Dijelaskannya, selain itu juga terdapat 53 pemilih dari penyandang disabilitas intelektual. Pemilih dari penyandang disabilitas sensorik wicara 147 jiwa, pemilih disabilitas sensorik netra 88, dan pemilih dari penyandang disabilitas mental 161, dan pemilih dari penyandang disabilitas sensorik rungu 62 orang. 

‘’Ada enam kategori penyandang disabilitas yang masuk DPT yang akan memberikan hak suaranya pada Pemilu nanti. Dari kategori itu, yang paling sedikit disabilitas intelektual,’’ imbuhnya.  

Pada Pemilu 2024 mendatang, tidak menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) spesial untuk kalangan masyarakat penyandang disabilitas. Pun demikian, kata Misbahul Amri, di masing-masing TPS, panitia juga memperhatikan kebutuhan pelayanan memilih bagi penyandang disabilitas. 

‘’Pemilih disabilitas ditekankan untuk tidak antre ketika menggunakan hak suaranya di TPS. Ini diprioritaskan, nanti panitia yang ngatur di lapangan,’’ ujarnya.  

BACA JUGA:Antisipasi Kebocoran Pajak, BKD Mukomuko Kawal Transaksi Bisnis dengan Pemasangan Tapping Box

Terkait surat suara untuk penyandang disabilitas, katanya, yang tersedia untuk tunanetra memakai tulisan Braille dan hanya untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, sedangkan pemilihan legislatif, mereka pakai pendamping. 

Perlu diketahui, DPT untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Mukomuko sebanyak 138.240 jiwa, dan sebanyak 919 di antaranya pemilih dari kalangan penyandang disabilitas. 

Kemudian, katanya, dari total DPT 138.240 orang,  ada sebanyak 7.140 pemilih pemula yang berusia antara 17 dan 18 tahun.

Tempat pemungutan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Mukomuko sebanyak 585 yang tersebar di 148 desa dan tiga kelurahan,’’ demikian Misbahul Amri. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: