Kenali 5 Jenis-jenis Bullying dan Dampaknya Terhadap Korban, Cek Disini

Kenali 5 Jenis-jenis Bullying dan Dampaknya Terhadap Korban, Cek Disini

Kenali 5 Jenis-jenis Bullying dan Dampaknya Terhadap Korban, Cek Disini--

RADARMUKOMUKO.COM – Zaman sekarang bullying merupakan hal yang sering terjadi, bullying merupakan suatu perundungan yang dilakukan terhadap orang lain, baik itu secara fisik maupun mental.

Bullying biasanya dilakukan oleh orang-orang yang suka mengganggu mereka yang dianggap lemah, hal ini bisa dilakukan berulang kali baik secara individu maupun kelompok.

Tindakan bullying ini biasanya kerap terjadi di lingkungan sekolah, namun tidak menutup kemungkinan hal ini juga bisa terjadi dimanapun dan tanpa disadari. Oleh karena itu, penting sekali memahami  jenis-jenis bullying dan dampaknya terhadap korban agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

BACA JUGA:Merasa Ketinggalan Zaman Tapi Tertekan Batin? Ini Dia Tips Menghilangkan Rasa FOMO Agar Hidup Lebih Tenang

Apa saja jenis-jenis bullying, lalu bagaimana dampaknya? Dikutip dari berbagai sumber, simak penjelasannya di bawah ini ya:

Jenis-jenis bullying:

1. Kontak fisik

Jenis bullying dengan kontak fisik termasuk bully yang mudah dikenali karena adanya tanda atau bekas yang bisa dilihat oleh mata contohnya seperti memukul, menendang menjambak, mendorong dan lain sebagainya.

2. Kontak verbal

Bullying dengan jenis yang satu ini jarang disadari oleh pelaku karena mereka hanya menganggap bahwa yang disampaikannya adalah lelucon atau candaan padahal lebih mengarah ke menghina, mencaci serta merendahkan orang lain.

3. Perilaku Non-verbal langsung

Perilaku bully yang satu ini biasanya tidak ditujukan dengan terang-terangan, biasanya pelaku akan menunjukkan sikap sinis atau menampilkan ekspresi yang merendahkan korban.

4. Perilaku non-verbal tidak langsung

Bully dengan jenis ini memang tidak melukai fisik, namun rasanya sangat tidak enak ketika dijauhi secara tiba-tiba, dikucilkan, dan diabaikan begitu saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: