Daftar Kisi-Kisi Soal SKB CPNS 2024, Simak Juga Cara Daftar Online-nya

Daftar Kisi-Kisi Soal SKB CPNS 2024, Simak Juga Cara Daftar Online-nya

Daftar Kisi-Kisi Soal SKB CPNS 2024, Simak Juga Cara Daftar Online-nya--

RADARMUKOMUKO.COM - Bagi Anda yang bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tentu sudah mengetahui bahwa pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS tahun 2024. Pendaftaran CPNS 2024 akan dilakukan secara online melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) yang dapat diakses di sscasn.bkn.go.id. Namun, sebelum mendaftar, ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan mempelajari kisi-kisi soal yang akan diujikan pada tes CPNS.

Tes CPNS terdiri dari dua tahap, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKD adalah tes yang mengukur kemampuan dasar calon PNS, seperti wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan karakteristik pribadi. SKB adalah tes yang mengukur kemampuan calon PNS dalam bidang yang sesuai dengan jabatan yang dilamar, seperti pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja.

BACA JUGA:Persediaan Anggaran BTT di Pemkab Mukomuko Sebesar Rp2 Miliar, Ini Gunanya

Kisi-kisi soal SKD sudah diumumkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan dapat dilihat di bkn.go.id, sedangkan kisi-kisi soal SKB disusun oleh masing-masing instansi yang membuka lowongan CPNS. Kisi-kisi soal SKB berbeda-beda tergantung pada jabatan dan formasi yang dipilih oleh calon PNS. Namun, secara umum, kisi-kisi soal SKB meliputi beberapa materi, seperti:

- Konsep dasar dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan jabatan yang dilamar, seperti UU ASN, UU MD3, UU KPK, UU Ombudsman, dll.

- Konsep dasar dan prinsip-prinsip manajemen, administrasi, dan organisasi, seperti fungsi manajemen, struktur organisasi, perencanaan, pengendalian, evaluasi, dll.

- Konsep dasar dan metode-metode analisis, penelitian, dan pengembangan, seperti analisis SWOT, analisis kebijakan, analisis data, penelitian kualitatif dan kuantitatif, dll.

- Konsep dasar dan teknik-teknik komunikasi, presentasi, dan negosiasi, seperti komunikasi verbal dan nonverbal, komunikasi interpersonal dan kelompok, komunikasi persuasif, presentasi efektif, negosiasi win-win, dll.

- Konsep dasar dan aplikasi-aplikasi teknologi informasi, seperti Microsoft Office, internet, email, media sosial, dll.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat contoh kisi-kisi soal SKB untuk beberapa jabatan di situs resmi instansi yang bersangkutan, seperti:

- Analis Kebijakan Ahli Pertama: setneg.go.id

- Analis Kepegawaian Ahli Pertama: menpan.go.id

- Analis Hukum Ahli Pertama: kemenkumham.go.id

- Analis Keuangan Ahli Pertama: kemenkeu.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: