Lingkungan dan Teman Membawa Pengaruh Buruk Bagi Kepribadian Anak? Ini yang Harus Dilakukan Oleh Orang Tua

Lingkungan dan Teman Membawa Pengaruh Buruk Bagi Kepribadian Anak? Ini yang Harus Dilakukan Oleh Orang Tua

Lingkungan dan Teman Membawa Pengaruh Buruk Bagi Kepribadian Anak? Ini yang Harus Dilakukan Oleh Orang Tua--

RADARMUKOMUKO.COM – Sebagai makhluk sosial tentunya kita diharuskan untuk melakukan aktivitas sosial seperti menjalin pertemanan. Hal tersebut juga terjadi pada anak.

Menjalin pertemanan dapat membuat sejumlah manfaat positif bagi anak, seperti memiliki relasi yang luas serta pengetahuan dan pengalaman baru.

Namun, saat menjalin pertemanan, anak juga dapat memperoleh pengaruh negatif dari teman-temannya.

BACA JUGA:Catatkan Kinerja Cemerlang Di 2023, BRI Raih >200 Penghargaan, 53 Diantaranya Bertaraf Internasional

Sebagai orang tua, mungkin kita tidak selalu mengetahui hal-hal yang dilakukan oleh anak saat mereka bermain bersama teman-temannya.

Meski begitu, terdapat tanda-tanda yang dapat diwaspadai oleh orang tua apabila anak mereka mulai mendapatkan pengaruh negatif dari teman-teman sepermainannya.

Di saat anak mendapatkan pengaruh negatif dari teman-teman sepermainannya, orang tua dapat melihat adanya perubahan pada performa di sekolah.

Mulai dari penampilannya, minat atau hobinya, akan berdampak serta dampak berbeda apabila sang anak masuk ke dalam pergaulan yang negatif.

BACA JUGA:Olive Oil, Rahasia Rambut Sehat dan Hitam Permanen

Contohnya saja seperti anak yang menjadi lebih sering mengutarakan pernyataan negatif, menyinggung, atau menghakimi.

Selain itu, anak juga mungkin akan mulai mengejek orang lain karena beragam hal seperti karena penampilannya yang jelek dan masih banyak lagi.

Agar dapat memperoleh pemahaman yang baik mengenai situasi yang dihadapi anak, di sini orang tua sebaiknya menjadi sosok pendengar yang baik bagi mereka.

Di saat yang bersamaan orang tua juga dapat menggali informasi lebih lanjut dengan mengajukan pertanyaan seperti apa yang sudah mereka lakukan atau mencoba mereka untuk bercerita lebih banyak lagi tentang yang terjadi saat mereka bersama dengan teman-temannya.

Selain itu, orang tua mungkin saja memiliki pendapat tersendiri mengenai teman anak yang dianggap memberikan pengaruh yang buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: