Pemkab Mukomuko Bantu Keluarga Korban Kebakaran Rumah

Pemkab Mukomuko Bantu Keluarga Korban Kebakaran Rumah

Pemkab Mukomuko Bantu Keluarga Korban Kebakaran Rumah--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bantu keluarga korban tertimpa musibah kebakaran di RT06 Air Punggur, Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko. 

Penyaluran bantuan logistik untuk meringankan beban keluarga tertimpa musibah kebakaran melalui Dinas Sosial Mukomuko pada Rabu, 3 Januari 2024. 

‘’Hari ini, kami turun menyalurkan bantuan Pemkab untuk keluarga korban kebakaran rumah, atas nama Monas Candra di Air Punggur Koto Jaya,’’ kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Mukomuko Pitriani Ilyas. 

BACA JUGA:Ini Tragedi Sebelum Pegawai BPBD Mukomuko Ditemukan Meninggal Dunia

"Kami menyalurkan stok cadangan logistik bencana yang ada di gudang dinas ini seperti baju, sepatu, dan tas sekolah karena dia ada anak sekolah," imbuhnya.  

Bantuan logistik berupa berupa baju, selimut, dan handuk juga diberikan untuk membantu orang tua. Kemudian dinas ini ada seng dan kebetulan ada stok seng yang lama yang belum disalurkan. 

Ia mengungkapkan, kenapa selama ini seng tidak disalurkan karena bantuan ini belum habis. Jumlah bantuan seng yang disalurkan kepada korban kebakaran  sebanyak satu kodi setengah. 

Selanjutnya, ada bantuan peralatan memasak dan ada juga bantuan makanan siap saji. 

Terkait dengan bantuan lain berupa material bangunan untuk korban kebakaran rumah di wilayah ini, kemungkinan tidak ada lagi karena harus menunggu surat pengesahan daftar penggunaan anggaran (DPA) dari pemerintah provinsi setempat.

BACA JUGA:Produk Anyaman Dapatkan Peluang Business Matching Di UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023

Sementara itu, Dinas Sosial tahun 2024 mendapat alokasi anggaran sebesar Rp500 juta yang diambil dari anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk kegiatan rehabilitasi sosial. 

Dari alokasi anggaran rehabilitasi sosial sebesar Rp500 juta, katanya, sebagian digunakan untuk pengadaan bahan material untuk pembangunan rumah warga yang terbakar. 

Ia mengatakan, karena kejadian kebakaran di wilayah Air Punggur, Kelurahan Koto Jaya terjadi pada awal tahun ini sehingga cukup lama menunggu pencairan dana untuk mendapatkan bantuan material pembangunan rumah yang hangus terbakar. 

"Kalau DPA selesai disahkan, tim turun untuk melihat kerusakan apa yang bisa dibantu, tetapi permasalahannya dalam waktu dekat belum bisa dibuat," ujarnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: