Krisis Internet, Warga Desa Ini Harus Mendaki Bukit Mencari Jaringan

Krisis Internet, Warga Desa Ini Harus Mendaki Bukit Mencari Jaringan

Krisis Internet, Warga Desa Ini Harus Mendaki Bukit Mencari Jaringan-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Di era digital saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Dengan jaringan internet warga bisa mengakses berbagai informasi terbaru, melakukan kontak dengan orang lain yang jauh maupun untuk kepentingan usaha. 

Namun di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu masih terdapat desa yang kesulitan mencari jaringan untuk mengakses internet terutama di kawasan pelosok.

BACA JUGA:Libur Tahun Baru, Ini 7 Objek Wisata Mukomuko Yang Diprediksi Ramai Pengunjung

Salah satunya Desa Talang Buai yang terletak di Kecamatan Selagan Raya, Mukomuko. Saat ini masyarakat Desa Talang Buai bisa dikatakan masih sangat sulit dan krisis jaringan internet

Untuk mengakses internet sedikit normal warga harus menaiki bukit, mencari singnal. Layanan atau pemasangan internet gratis di desa sudah lama dicanangkan dan menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko.

Namun, sampai saat ini program itu belum menyentuh wilayah yang benar-benar membutuhkan seperti wilayah Desa Talang Buai saat ini.

Berdasarkan data yang terhimpun media ini, beberapa warga Desa Talang Buai yang perekonomiannya agak mumpuni. Mereka memasang WiFi di rumahnya. 

Namun, masyarakat yang menggunakan WiFi masih bisa dihitung dengan jari. Bagi Warga yang tidak memiliki atau masang WiFi di rumahnya, terpaksa harus naik gunung turun gunung untuk mendapat akses layanan internet

BACA JUGA:HPT Dikuasai Oknum Puluhan Haktare, Program Perhutanan Sosial Terancam Batal

Kesulitan jaringan internet di wilayah Desa Talang Buai ini bukan hanya terjadi sekarang. Tetapi kesulitan jaringan ini sudah terjadi sejak lama. 

Namun, sayangnya program pemasangan layanan internet gratis dari Pemerintah Kabupaten Mukomuko belum juga nyentuh wilayah Desa Talang Buai. Sementara sekarang bukan lagi revolusi industri 4.0. 

Tetapi sekarang sudah hadir industri 5.0. Yang menuntut masyarakat masuk dalam perubahan besar berbagai bidang, yang pada intinya membutuhkan jaringan internet. 

Salah satu tokoh muda Desa Talang Buai, Herlien mengatakan, lebih kurang 5 tahun terakhir wilayah Desa Talang Buai ini bisa dikatakan kurang mendapat perhatian dari pemerintah. 

Baik itu dari Pemerintah Kabupaten Mukomuko, maupun dari Pemerintah Provinsi Bengkulu. Wilayah Desa Talang Buai ini membutuhkan 1 Unit tower jaringan internet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: