3 Etnis di Indonesia Ini Bermata Biru, Ternyata Begini Cerita dan Penyebabnya

3 Etnis di Indonesia Ini Bermata Biru, Ternyata Begini Cerita dan Penyebabnya

3 Etnis di Indonesia Ini Bermata Biru, Ternyata Begini Cerita dan Penyebabnya--

RADARMUKOMUKO.COM – Indonesia dikenal dengan keragamannya. Menariknya lagi keragaman bukan saja pada budaya, agama dan RAS, tapi juga dalam bentuk fisik.

Diantaranya adalah ada tiga suku atau etnis di Indonesia memiliki bentuk mata berbeda. Mereka bermata biru menyala. 

Umumnya, warna mata orang Indonesia adalah coklat gelap dan hitam. 

BACA JUGA:Benarkah sering naik Kendaraan Bermotor dan Polusi Udara Dapat Menyebabkan Usus Turun atau Hernia?

Dilansir dari berbagai sumber berikut, 3 suku yang lahir bermata biru di Indonesia dan alasannya:

Suku Lingon 

Lingon adalah sebuah suku pedalaman yang mendiami Halmahera, Provinsi Maluku Utara, Indonesia yang dikenal karena memiliki ciri fisik ras Kaukasoid yakni berkulit putih, berambut pirang, dan bermata biru, berbeda dengan suku-suku bangsa di Indonesia lainnya yang umumnya memiliki ciri fisik berkulit coklat, bermata coklat kehitaman dan berambut hitam.

Lantaran memiliki ciri fisik ala orang bule, maka nggak heran juga kalau orang-orang Lingon itu sangat cantik dan ganteng. Menurut cerita masyarakat, orang-orang Lingon memang seperti itu. 

BACA JUGA:Catat, Ini Fungsi Zat Besi dan Folate Bagi Tubuh, Setelah Tau Takan Menyesal Sering Makan Singkong

Sayangnya, masyarakat Lingon sendiri seperti tidak menyadari kelebihannya itu. Menurut cerita lagi, katanya gara-gara kecantikan luar biasa gadis-gadis Lingon, mereka pernah diculik suku lain untuk dijadikan istri. Ada kabar yang mengatakan mereka sudah punah, tapi ada yang bilang juga suku Lingon sengaja menjauh agar tidak diusik.

Suku Buton

Suku Buton berada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Suku Buton dikenal memiliki mata berwarna biru terang dengan kulit berwarna coklat.

Berdasarkan Pacific Press Agency, mata biru Suku Buton diturunkan dari nenek moyang mereka yang disebabkan oleh Sindrom Waardenburg, yakni kelainan langka yang menyebabkan mata berwarna biru dan kemerahan. 

Ciri khas utama Sindrom Waardenburg adalah warna mata yang berbeda satu sama lain, seperti halnya Suku Buton. Biasanya, sindrom ini dialami 1 dari 42 ribu orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: