Hasil Monitoring dan Evaluasi, Program Desa Banyak Catatan

Hasil Monitoring dan Evaluasi, Program Desa Banyak Catatan

Hasil Monitoring dan Evaluasi, Program Desa Banyak Catatan--

RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Kecamatan Teras Terunjam, Mukomuko melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke Desa-Desa untuk mengecek pelaksanaan program Desa hingga akhir tahun. 

Monev berlangsung selama empat hari. Dimulai dari Desa Pondok Kopi, pada Senin 17 Desember, berakhir di Talang Kuning, pada Kamis sore 21 Desember. 

Sama dengan tahun sebelumnya, selama Monev, tim menemukan banyak kekurangan dari segi administrasi. Hampir di setiap desa,  banyak catatan yang diberikan kepada pemerintah desa. 

BACA JUGA:Resep Puding Susu Cuma Pakai 3 Bahan Lembut Poll, Anak-anak Pasti Suka

Ketua Tim Monev, Salbaini menyampaikan, Monev ini bertujuan melihat dari dekat proses dan progres pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). 

Pasalnya, dalam penggunaan APBDes ada ketentuan yang harus dipatuhi oleh pemerintah desa. 

"Monev ini bentuk pembinaan dan pendampingan terhadap desa dalam merealisasikan APBDes. Jangan sampai mereka keluar dari ketentuan yang ada," jelas Salbaini. 

Selama empat hari melakukan Monev, dari delapan desa yang ada di Kecamatan Teras Terunjam, kekurangan yang paling banyak ditemukan adalah kelengkapan administrasi.

Mulai dari belum ada kwitansi pembayaran, Surat Pertanggungjawaban (SPj) yang belum lengkap, hingga belum ada verifikasi administrasi oleh Sekretaris Desa dan belum ada tantangan Kades. 

"Kebanyakan desa administrasi belum lengkap. Catatan yang kami berikan, agar desa segera melengkapinya" tambah Salbaini. 

BACA JUGA:Baru Dibangun, Sumur Bor Langsung Jadi Andalan Masyarakat Yang Kekeringan

Bagaimana dengan fisik? Dijelaskan Salbaini, dari delapan desa yang ada, tiga diantaranya sudah menuntaskan fisik. Dengan kata lain, fisik sudah selesai dan sudah diserahkan kepada masyarakat.

Ketiga desa dimaksud, Pondok Kopi, Karang Jaya, dan Teras Terunjam. Empat desa sudah selesaikan fisik, tapi belum serah terima. Masing-masing Tunggal Jaya, Mekar Jaya, Terutung dan Setia Budi.

Sedangkan satu desa, belum menyelesaikan seluruh fisik, yakni Talang Kuning. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: