Ini Alasan Orang Asing Tertarik Mempelajari Bahasa Indonesia?

Ini Alasan Orang Asing Tertarik Mempelajari Bahasa Indonesia?

Ini Alasan Orang Asing Tertarik Mempelajari Bahasa Indonesia? -Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan bahasa nasional Republik Indonesia. 

Bahasa ini berasal dari rumpun bahasa Melayu yang juga mengandung unsur-unsur dari bahasa-bahasa lain, seperti Arab, Sanskerta, Inggris, Latin, dan lain-lain. 

Bahasa Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan kaya, serta memiliki peran penting dalam mempersatukan bangsa-bangsa di Indonesia.

Namun, tahukah Anda bahwa bahasa Indonesia juga menjadi salah satu bahasa yang sangat menarik untuk dipelajari? 

BACA JUGA:Ide Camilan Simpel 3 Bahan, Resep Sosis Mie Gulung yang Enak, Gurih dan Gampang Dibuat

Banyak orang asing yang tertarik untuk belajar bahasa Indonesia karena beberapa alasan. Berikut adalah beberapa alasan tersebut:

- Bahasa Indonesia termasuk dalam 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. 

Menurut data dari [Teseo], sebuah situs web yang menyediakan informasi tentang kebahagiaan berbahasa di dunia, bahasa Indonesia berada di peringkat ke-6 dengan jumlah penutur sekitar 200 juta orang. 

Bahasa ini juga merupakan salah satu dari lima bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama dengan Inggris, Mandarin, Arab, dan Prancis.

- Bahasa Indonesia diajarkan sebagai mata kuliah di berbagai kampus dunia. Di bidang pendidikan, banyak universitas di Eropa, Amerika, Australia, dan Asia yang menawarkan program studi tentang bahasa Indonesia atau studi budaya Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa minat terhadap belajar bahasa ini cukup tinggi di kalangan mahasiswa asing.

- Bahasa Indonesia memiliki sistem ejaan yang mapan dan mudah dipelajari. Bahasa Indonesia telah memiliki sistem ejaan yang disempurnakan sejak tahun 2009 dengan menggunakan huruf Latin sebagai standar penulisan. Hal ini membuat lafal sesuai dengan lambang hurufnya dan memudahkan proses pembacaan dan penulisan.

BACA JUGA:Simpel dan Ekonomis, Resep Lodeh Putih Tahu Ini Dijamin Enak dan Bikin Boros Nasi

- Bahasa Indonesia memiliki kosakata yang sederhana namun kaya makna. Dengan menggunakan huruf Latin sebagai standar penulisan, kata-kata dalam bahasa ini tidak perlu menggunakan nada atau tekanan. 

Selain itu, kata-kata dalam bahasa ini juga seringkali memiliki makna atau hubungan tertentu dengan kata-kata lainnya. Misalnya, kata "makan" dalam bahasa Inggris memiliki makna "eat" dalam bahasa Inggris dan "comer" dalam bahasa Spanyol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: