SBY Pemimpin Negara yang Menginspirasi dengan Kepedulian Sosial dan Budaya

SBY Pemimpin Negara yang Menginspirasi dengan Kepedulian Sosial dan Budaya

SBY Pemimpin Negara yang Menginspirasi dengan Kepedulian Sosial dan Budaya--

RADARMUKOMUKO.COMSusilo Bambang Yudoyono (SBY), presiden keenam Republik Indonesia yang terpilih secara langsung oleh rakyat melalui Pemilu 2004 dan 2009, adalah salah satu pemimpin negara yang menginspirasi banyak orang. 

Beliau memiliki banyak kebiasaan yang mencerminkan sifat-sifat mulia dan khusyuknya sebagai pemimpin. Beberapa kebiasaan Pak SBY yang bisa dijadikan contoh oleh kita adalah sebagai berikut:

1. Pak SBY sangat peduli dengan kesejahteraan rakyat dan pembangunan daerah. Beliau berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 16,66 persen pada tahun 2004 menjadi 11,37 persen pada tahun 2014. 

Beliau juga berhasil meningkatkan anggaran infrastruktur dari 2,5 persen pada tahun 2004 menjadi 7,5 persen pada tahun 2014. Beliau juga memberikan otonomi dan dana bagi daerah untuk mengembangkan potensi dan kearifan lokalnya.

BACA JUGA:Giat Bersih Lingkungan Jadi Perhatian, Danrem: Minimal Satu Kali Sebulan

2. Pak SBY sangat peduli dengan lingkungan hidup dan perubahan iklim. 

Beliau merupakan salah satu pemimpin dunia yang aktif berperan dalam isu-isu lingkungan global, seperti pemanasan global, deforestasi, dan keanekaragaman hayati. Beliau juga berhasil mengurangi emisi gas rumah kaca Indonesia sebesar 26 persen pada tahun 2020. Beliau juga berhasil menjaga hutan dan lahan gambut Indonesia dari kerusakan dan kebakaran.

3. Pak SBY sangat peduli dengan perdamaian dan kerjasama internasional. Beliau berhasil menyelesaikan konflik bersenjata di Aceh dengan menandatangani nota kesepahaman damai dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada tahun 2005. 

Beliau juga berhasil menormalisasi hubungan diplomatik dengan Malaysia dan Australia yang sempat memburuk akibat isu-isu sensitif, seperti batas wilayah, perlindungan TKI, dan eksekusi mati. Beliau juga berhasil meningkatkan peran dan citra Indonesia di dunia, seperti menjadi anggota G-20, OKI, dan APEC.

BACA JUGA:Banjir di Lembah Harau Mulai Surut, BPBD Dirikan Pos Siaga Demi Lindungi Wisatawan

4. Pak SBY sangat peduli dengan pendidikan dan kesehatan. Beliau berhasil meningkatkan anggaran pendidikan dari 9,1 persen pada tahun 2004 menjadi 20 persen pada tahun 2014. Beliau juga berhasil meningkatkan angka partisipasi sekolah, angka melek huruf, dan kualitas guru. 

Beliau juga berhasil meningkatkan anggaran kesehatan dari 2,6 persen pada tahun 2004 menjadi 5 persen pada tahun 2014. Beliau juga berhasil meningkatkan angka harapan hidup, angka kematian ibu dan anak, dan cakupan layanan kesehatan.

5. Pak SBY sangat peduli dengan budaya dan seni. Beliau merupakan seorang pecinta musik, terutama musik blues. Beliau sering bermain gitar dan menyanyi di berbagai acara, baik formal maupun informal. 

Beliau juga sering mengundang musisi-musisi ternama, baik dalam maupun luar negeri, untuk tampil di Istana Negara. Beliau juga sering mengapresiasi karya-karya seni dan budaya Indonesia, seperti batik, wayang, dan tari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: