Terdengarnya Suara Tiupan Sangkakala yang Mengerikan, Sudah Diprediksi Nabi Muhammad SAW Dengan Hadisnya

Terdengarnya Suara Tiupan Sangkakala yang Mengerikan, Sudah Diprediksi Nabi Muhammad SAW Dengan Hadisnya

Terdengarnya Suara Tiupan Sangkakala yang Mengerikan, Sudah Diprediksi Nabi Muhammad SAW Dengan Hadisnya-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Salah satu tanda akhir zaman yang mengerikan adalah terdengarnya suara tiupan sangkakala. Apa maksudnya? Bagaimana penjelasan Islam tentang fenomena ini? Dan apa dampaknya bagi umat Islam?

Sangkakala adalah alat musik tiup yang sangat besar dan keras, yang akan ditiup oleh Malaikat Israfil atas perintah Allah SWT. Sangkakala akan ditiup sebanyak dua kali, yaitu pada saat kiamat kubra (kiamat besar) dan saat ba'ts (kebangkitan). Suara tiupan sangkakala akan didengar oleh seluruh makhluk di langit dan di bumi, dan akan menimbulkan berbagai reaksi yang berbeda-beda.

BACA JUGA:Giat Bersih Lingkungan Jadi Perhatian, Danrem: Minimal Satu Kali Sebulan

Terdengarnya suara tiupan sangkakala sudah diprediksi oleh Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu tanda kiamat. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah RA, beliau bersabda:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَيُسْمَعَنَّ صَوْتُ الصُّورِ فَيَمُوتُ أَحَدُكُمْ وَهُوَ يَضْعُ يَدَهُ عَلَى عُنُقِ رَاحِلَتِهِ وَلَا يَبْلُغُ الْأَرْضَ بِيَدِهِ

"Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh suara sangkakala pasti akan didengar, maka salah seorang di antara kalian akan mati ketika ia meletakkan tangannya di leher kendaraannya, dan tangannya tidak akan sampai ke tanah." (HR Muslim)

BACA JUGA:Banjir di Lembah Harau Mulai Surut, BPBD Dirikan Pos Siaga Demi Lindungi Wisatawan

Hadis ini menunjukkan bahwa terdengarnya suara tiupan sangkakala adalah salah satu tanda besar kiamat yang tidak bisa dihindari. 

Terdengarnya suara tiupan sangkakala adalah mukjizat Allah SWT yang akan mengerikan seluruh makhluk. Terdengarnya suara tiupan sangkakala adalah awal dari berakhirnya kehidupan dunia dan dimulainya kehidupan akhirat.

Para ulama pun berusaha menjelaskan fenomena terdengarnya suara tiupan sangkakala ini. Mereka menemukan bahwa faktor utama yang mempengaruhi terdengarnya suara tiupan sangkakala adalah kehendak dan kekuasaan Allah SWT. Allah SWT adalah Dzat yang menciptakan dan mengatur segala sesuatu, dan tidak ada yang mustahil bagi-Nya. Allah SWT bisa meniupkan sangkakala kapan saja dan bagaimana saja yang Dia kehendaki.

BACA JUGA:Syarat Pinjaman Bank Jaminan Sertifikat, Berikut Jenisnya Yang Bisa Diajukan

Ketika terdengar suara tiupan sangkakala yang pertama, maka semua makhluk yang hidup akan mati, kecuali yang dikehendaki oleh Allah SWT. Tiupan sangkakala yang pertama ini disebut dengan nafkhatul ula, yaitu tiupan yang menyebabkan kematian. Tiupan sangkakala yang pertama ini ditunjukkan oleh firman Allah SWT:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ

"Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah." (QS. Az-Zumar [39]: 68)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: