Tunggu Apa Lagi, Bawang Putih Bahan Ajaib untuk Membersihkan Kulit dan Jerawat

Tunggu Apa Lagi, Bawang Putih Bahan Ajaib untuk Membersihkan Kulit dan Jerawat

Tunggu Apa Lagi, Bawang Putih Bahan Ajaib untuk Membersihkan Kulit dan Jerawat--

RADARMUKOMUKO.COM - Kulit adalah organ tubuh yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. 

Kulit juga merupakan lapisan pertahanan tubuh dari berbagai zat berbahaya yang masuk dari lingkungan. 

Oleh karena itu, perawatan kulit yang baik sangat diperlukan untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit.

BACA JUGA:Bakal Ramai, Lembaga Desa Laporkan Oknum Berdasi Diduga Perambah HPT di Lubuk Selandak Mukomuko

Salah satu cara perawatan kulit yang mudah dan murah adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan kulit adalah bawang putih. 

Bawang putih adalah bumbu dapur yang berasal dari tanaman Allium sativum yang memiliki rasa dan aroma yang kuat dan khas. Bawang putih mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, mangan, zinc, selenium, dan antioksidan polifenol dan allicin.

Berikut adalah beberapa manfaat bawang putih untuk membersihkan kulit:

1. Mengobati jerawat.

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang bisa membantu mengobati jerawat pada wajah. Kandungan allicin dalam bawang putih bisa membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit. Caranya, oleskan irisan bawang putih ke area jerawat secara rutin setiap hari.

2. Mencegah penuaan dini.

Bawang putih memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Antioksidan ini bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kerutan, flek hitam, dan noda pada kulit. Caranya, oleskan air rebusan bawang putih ke seluruh wajah sebagai masker selama 15-20 menit setiap hari.

3. Meredakan iritasi dan kemerahan.

Bawang putih bisa membantu meredakan iritasi dan kemerahan pada kulit akibat dermatitis, rosacea, atau luka bakar. Dermatitis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam, kemerahan, gatal, dan kulit kering. Rosacea adalah kondisi kulit yang menyebabkan kemerahan pada wajah, terutama pada hidung, pipi, dagu, dan dahi. Luka bakar adalah kerusakan pada kulit akibat paparan panas, listrik, atau bahan kimia. Caranya, oleskan air rebusan bawang putih ke area kulit yang bengkak atau meradang secara merata setelah mandi atau berkeringat.

4. Mencegah kanker kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: