9 Warga Positif DBD, Dinas Kesehatan Sarankan Warga Lakukan Ini

9 Warga Positif DBD, Dinas Kesehatan Sarankan Warga Lakukan Ini

9 Warga Positif DBD, Dinas Kesehatan Sarankan Warga Lakukan Ini --

KORAN DIGITAL RM - Sekitar 9 warga Desa Wonosobo, Kecamatan Penarik terserang  demam berdarah dengue (DBD) hingga membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, turun fogging untuk membunuh induk nyamuk DBD

Terkait dengan maraknya DBD ini, Bustam  mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah yang didapati kasus DBD untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. 

BACA JUGA:Kunker Danrem 041/Gamas ke Mukomuko, Pastikan Pemilu Aman

Adapun caranya cara makan makanan yang sehat, rajin berolahraga, serta gotong royong membersihkan lingkungan pekarangan rumah. 

Jangan biarkan ada genangan air baik yang disebabkan karena barang bekas atau air limbah rumah tangga maupun air hujan. Karena genangan air itu bisa dijadikan  sarang untuk berkembang biak nyamuk DBD

"Untuk membasni nyamuk DBD tidak bisa dilakukan  oleh petugas kesehatan sendiri. Namun harus ada peran serta dari seluruh masyarakat," harapnya.

BACA JUGA:Danrem 041/Gamas Kunjungan Kerja ke Mukomuko, Resmikan 2 Markas Koramil

Untuk diketahui, Demam berdarah atau DBD adalah penyakit yang menular melalui nyamuk. Gejala DBD yang umum adalah demam tinggi dan gejala seperti flu. 

Pada DBD yang parah, kondisi ini bisa menyebabkan pendarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba (syok) dan bahkan kematian.

Cara terbaik untuk mencegah infeksi adalah dengan menghindari gigitan nyamuk dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi populasi nyamuk.

Dua nyamuk yang bisa menularkan virus ini adalah Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Dua jenis nyamuk yang paling sering menyebarkan virus dengue ini umumnya ada di dalam maupun di sekitar pemukiman.

BACA JUGA:Realisasi Pajak Lebihi Target, Pendapatan Asli Daerah Mukomuko Naik Drastis

Ketika nyamuk menggigit seseorang yang terinfeksi virus dengue, virus tersebut masuk ke dalam nyamuk. 

Kemudian, ketika nyamuk yang terinfeksi menggigit orang lain, virus memasuki aliran darah orang itu dan menyebabkan infeksi hingga gejala DBD muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: