Wisata ke Jembatan Akar, Ini yang Bisa Dinikmati Pengunjung

Wisata ke Jembatan Akar, Ini yang Bisa Dinikmati Pengunjung

Wisata ke Jembatan Akar, Ini yang Bisa Dinikmati Pengunjung-Istimewa-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Salah satu objek wisata yang unik dan mengagumkan adalah jembatan akar atau titian aka yang berada di Kenagarian Puluik-Puluik, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera barat (Sumbar).

Jembatan terbuat dari akar ini memiliki panjang 25 meter dan lebar 1,5 meter dengan ketinggian dari permukaan sungai sekitar 10 meter.

Diyakini jembatan ini alami dari pohon beringin yang telah tumbuh dengan kokoh sejak ratusan tahun yang lalu hingga membuat akar dan dahannya membentang panjang hingga menjadi sebuah jembatan yang unik.

BACA JUGA:Menilik Keindahan Alam Danau Beratan di Bali, Memiliki Pura di Tengah Danau yang Eksotis

Bukan itu saja, pemandangan alam yang yang bisa dinikmati dari atas jembatan akar ini juga begitu menyegarkan hingga menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan penikmat wisata alam.

Asiknya lagi di sungai tepat jembatan ini banyak ikan yang cukup jinak namun dilarang ditangkap dengan cara apapun. Bahkan diyakini ikan ini memiliki tuah.

Adapun sejarah jembatan akar ini dilansir dari wikipedia dan berbagai sumber yaitu, pembuatannya dimulai sejak 1890 di bawah pimpinan seorang tokoh masyarakat bernama Pakiah Sokan yang berasal dari Lubuk Silau.

Proses merajut akar menjadi jembatan membutuhkan waktu lebih kurang 26 tahun dan jembatan dapat digunakan pada 1916. Kondisinya semakin lama semakin kuat karena semakin besarnya akar pohon beringin yang membentuknya.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Hutan Pinus di Yogyakarta yang Menawarkan Pesona Alam yang Menakjubkan

Pada awal Januari 2017, luapan banjir mencapai bagian dalam jembatan sehingga merusak bagian dalam jembatan ini. Untuk menjaga kelestariannya, jembatan akar kini dilengkapi dengan kawat penyangga dan papan penutup celah-celah akar.

Jembatan akar saat ini murni digunakan sebagai tempat wisata. Untuk kegiatan sehari-hari, masyarakat sekitar menggunakan jembatan permanen yang dibangun 50m dari lokasi. 

Jembatan Akar ini merupakan salah satu ikonik di Tanah Minang. Setiap tahun banyak wisatawan datang untuk berselfie di sini, terutama dari Bengkulu, Pekan Baru, Jambi maupun Pekan Baru dan daerah lainnya. 

BACA JUGA:Rekomendasi Liburan di Asia Tenggara yang Cocok Buat Para Solo Traveler

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar Jembatan Akar Bayang. Sungai Bayang terkenal dengan kejernihan dan kesejukan airnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: