Perankan Banci, Tessy Adalah Mantan TNI, Turun Saat Pembebasan Irian Barat

Perankan Banci, Tessy Adalah Mantan TNI, Turun Saat Pembebasan Irian Barat

Perankan Banci, Tessy Adalah Mantan TNI, Turun Saat Pembebasan Irian Barat--

RADARMUKOMUKO.COM - Tessy Srimulat, dikenal sering berperan sebagai seorang banci, kosmetik tebal, bibir monyong dan menggunakan batu akik bermata besar saat di panggung.

Ternyata aslinya sosok Tessy jauh dari sifat kebanci-bancian. Merujuk dari berbagai sumber salah satunya wikipedia, Tessy yang memiliki nama asli Kabul Basuki dulunya merupakan seorang anggota TNI. 

Gaya banci ini pertama kali dipakainya pada saat ia berperan sebagai Hansip, saat itu dia spontan berimprovisasi untuk menghidupkan suasana dengan bertingkah kemayu. 

BACA JUGA:Mukomuko Bingkai HUT ke 24 DWP dengan Lomba Membatik, Sekaligus Perayaan Hari Ibu Sedunia 2023

Kopral Satu Mar. (Purn.) H. Kabul Basuki, itulah pangkat dan nama lengkapnya sebelum menjadi seorang pelawak dengan ciri khas sebagai banci dan kerap menggunakan pakaian perempuaan saat di panggung.

Nama panggung Tessy digunakan sejak jadi anggota grup Srimulat 1979 dan nama ini berasal dari nama putri sulungnya sendiri, yakni Tessy Wahyuni Riwayati Hartatik.

Tessy Srimulat sebagai anggota KKO TNI Angkatan Laut atau sekarang Korps Marinir, pernah turun dalam operasi pembebasan Irian Barat pada tahun 1961-1963. 

Sebagai anggota TNI yang terjun ke medan Perang, Tessy kurang didukung oleh ibunya. Sebagai seorang anak yang lebih mengutamakan ridho sang ibu, Tessy akhirnya mundur dari anggota marinir.

BACA JUGA:Pelatihan Pengembangan Kepribadian TP PKK Mukomuko Dihadiri Ellen Tendean, Trainer Profesional Asal Jakarta

Selanjutnya, Tessy mencoba peruntungan di dunia hiburan dengan bergabung grup lawak Srimulat pada tahun 1979. Berjalannya waktu, Tessy berhasil, namanya semakin dikenal dan banyak disukai penonton.

Wajahnya dengan ciri khas banci meramaikan panggung hiburan yang setiap saay tayang di televisi, ia juga banyak diundang dalam berbagai top show lainnya, termasuk naik panggung, turun panggung bersama grupnya.

Namun adanya pelarangan laki-laki berpenampilan perempuan di televisi yang dikeluarkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), membuat Tessy mulai tersisih. Dalam wawancara dalam acara televisi, Tessy pernah mengatakan ia merasa dirinya dijadikan kambing hitam dan dilengserkan. 

Kondisi ini membuat Tessy terjatuh dan alami gejolak, hingga disebut-sebut menjadi salah satu penyebab terjerumus menggunakan narkoba. Meski begitu, Tessy mengaku tak ingin menyalahkan pihak manapun. 

BACA JUGA:Kenal dengan Daun Jambu Biji, Solusi Alami dan Tradisional untuk Mengatasi Uban Cobalah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: