Dabbah, Tanda Akhir Zaman yang Menakutkan

Dabbah, Tanda Akhir Zaman yang Menakutkan

Dabbah, Tanda Akhir Zaman yang Menakutkan-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Salah satu tanda akhir zaman yang disebutkan dalam Al-Quran dan hadis adalah munculnya makhluk yang disebut dengan Dabbah. Dabbah adalah makhluk yang misterius dan belum diketahui wujudnya secara pasti.

Dalam Al-Quran, Dabbah disebutkan dalam surat Al-Anbiya ayat 96:

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

Artinya:

Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami akan keluarkan bagi mereka Dabbah (hewan) dari bumi yang akan berbicara kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.

BACA JUGA:Pengembala Berlomba Membangun Gedung, Tanda Akhir Zaman dalam Islam

BACA JUGA:Tanda-Tanda Akhir Zaman Menurut Islam Apa yang Paling Awal dan Paling Pertama?

Dalam hadis, Dabbah disebutkan dalam hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

وَإِنْ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ تَرِدَ رِيحٌ مِنَ الْمَشْرِقِ تَذْهَبُ بِمَنْ فِي وَجْهِهَا

Artinya:

Dan di antara tanda-tanda kiamat adalah munculnya angin dari arah timur yang akan membawa pergi orang-orang yang berdiri di hadapannya.

Penjelasan Tafsir:

Dabbah adalah makhluk yang akan muncul menjelang hari kiamat. Makhluk ini akan berbicara kepada manusia dan memberitahukan mereka tentang hari kiamat.

Ada beberapa pendapat ulama mengenai wujud Dabbah. Pendapat pertama mengatakan bahwa Dabbah adalah seekor binatang yang besar dan menakutkan. Pendapat kedua mengatakan bahwa Dabbah adalah malaikat yang akan berbicara kepada manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: