Gunung Kerinci Merupakan Gunung Merapi Tertinggi di Indonesia, Punya Cerita Mitos

Gunung Kerinci Merupakan Gunung Merapi Tertinggi di Indonesia, Punya Cerita Mitos

Gunung Kerinci Merupakan Gunung Merapi Tertinggi di Indonesia, Punya Cerita Mitos--

Dipercayai bahwa terdapat manusia yang berwujud setengah manusia dan setengah harimau mendiami Gunung Kerinci. Mitos populer ini tak hanya terkenal di Jambi, melainkan juga sampai Malaysia.

BACA JUGA:Misteri Gunung Bromo Yang Disucikan Suku Tengger, Tempat Bersemayamnya Para Dewa

Masyarakat sekitar percaya jika Cindaku memiliki kekuatan magis dan dapat berubah wujud menjadi Harimau saat sedang marah atau merasa terancam. Kekuatan ini hanya berlaku jika Cindaku berada di sekitar Gunung Kerinci saja.

Juga ada mitos Uhang Pandak adalah mitos Gunung Kerinci yang wajib dibahas karena cerita ini sudah terkenal hingga ke luar negeri. 

Uhang Pandak berarti orang pendek dan legenda orang pendek pertama kali ditemukan dalam catatan perjalanan Marco Polo tahun 1292.

BACA JUGA:Aturan Mendaki Gunung Merapi Bukittinggi, Harus Sopan dan Tidak Boleh Sembarangan

Dalam catatan petualangan ke Asia, Uhang Pandak dikatakan memiliki perawakan seperti anak berusia 3-4 tahun. Namun memiliki wajah tua dengan rambut hitam sebahu dengan tubuh dipenuhi bulu.

Terus mitos pohon bolong adalah pohon dengan lubang besar yang berada di jalur pendakian, antara jalur pos II menuju shelter I. Biasanya para pendaki akan dipesankan untuk tidak berhenti makan, buang air, ataupun berfoto. Larangan ini dibuat karena ada penunggu di pohon tersebut, yaitu sosok nenek tua dan genderuwo.

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai Gunung Kerinci yang perlu diketahui sebelum mengunjungi Gunung Kerinci. Untuk pecinta wisata alam, Gunung Kerinci menjadi salah satu objek wisata alam yang wajib dikunjungi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: