Rengginang, Makanan Khas yang Bervariasi di Berbagai Daerah

Rengginang, Makanan Khas yang Bervariasi di Berbagai Daerah

Rengginang, Makanan Khas yang Bervariasi di Berbagai Daerah-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Rengginang adalah salah satu makanan khas yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. makanan ini berupa beras ketan yang digoreng hingga renyah dan gurih. 

Rengginang biasanya disajikan sebagai camilan atau pelengkap hidangan lain, seperti ketupat, lontong, atau nasi. Rengginang memiliki rasa yang gurih, manis, dan pedas.

Rengginang merupakan makanan yang berasal dari Indonesia, meskipun ada beberapa negara lain yang juga memiliki makanan serupa, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan China. 

BACA JUGA:Tips Mencukur Kumis Agar Aman, Rapi dan Tumbuhnya Lebih Lama

Rengginang di Indonesia sendiri sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, ketika para pekerja di perkebunan mengolah sisa nasi yang sudah dingin dengan bumbu-bumbu sederhana. Rengginang kemudian berkembang menjadi makanan yang disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari rakyat biasa hingga presiden.

Rengginang memiliki berbagai jenis, sesuai dengan daerah asalnya. Beberapa jenis rengginang yang terkenal di Indonesia antara lain dikutip dari berbgai sumber :

• Rengginang Sunda: 

Rengginang Sunda adalah rengginang khas Jawa Barat, yang menggunakan bumbu terasi yang gurih dan pedas. Rengginang Sunda biasanya menggunakan beras ketan putih atau hitam, yang dicampur dengan garam dan bumbu terasi, kemudian dikukus dan dibentuk bulat, lalu digoreng hingga renyah.

• Rengginang Bangka: 

Rengginang Bangka adalah rengginang khas Bangka Belitung, yang menggunakan bumbu gula merah yang manis dan legit. Rengginang Bangka biasanya menggunakan singkong atau ubi kayu, yang diparut dan dicampur dengan gula merah, kemudian dikukus dan dibentuk bulat, lalu digoreng hingga renyah.

BACA JUGA:5 Tips Berkendara Saat Kondisi Hujan, Jangan Lakukan Hal Ini

• Rengginang Betawi: 

Rengginang Betawi adalah rengginang khas Betawi, yang menggunakan bumbu kacang yang gurih dan lezat. Rengginang Betawi biasanya menggunakan beras ketan putih, yang dicampur dengan garam dan bumbu kacang, kemudian dikukus dan dibentuk bulat, lalu digoreng hingga renyah.

• Rengginang Palembang: 

Rengginang Palembang adalah rengginang khas Palembang, Sumatera Selatan, yang menggunakan bumbu ebi atau udang kering yang gurih dan harum. Rengginang Palembang biasanya menggunakan beras ketan putih, yang dicampur dengan garam dan bumbu ebi, kemudian dikukus dan dibentuk bulat, lalu digoreng hingga renyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: