Meratapi Rezeki yang Sedikit Bisa Menolak Rezeki yang Sudah Dekat, Begini Penjelasanya

Meratapi Rezeki yang Sedikit Bisa Menolak Rezeki yang Sudah Dekat, Begini Penjelasanya

Meratapi Rezeki yang Sedikit Bisa Menolak Rezeki yang Sudah Dekat, Begini Penjelasanya-Ilustrasi-

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7) 

Dari ayat ini, kita bisa memahami bahwa Allah SWT akan menambah nikmat dan rezeki kepada orang-orang yang bersyukur, dan akan mengazab orang-orang yang mengingkari nikmat-Nya. Meratapi rezeki yang sedikit termasuk dalam bentuk mengingkari nikmat Allah SWT, yang bisa menimbulkan kemurkaan dan kepedihan dari-Nya.

Islam juga mengajarkan kita untuk selalu berusaha dan berikhtiar dengan cara yang halal dan berkah, serta disertai dengan tawakkal, doa, dan sedekah. 

Berusaha dan berikhtiar adalah salah satu bentuk ketaatan dan tanggung jawab kita sebagai hamba Allah SWT, yang harus mencari rezeki yang halal dan berkah. Tawakkal, doa, dan sedekah adalah salah satu bentuk kepercayaan dan pengharapan kita kepada Allah SWT, yang akan memberikan rezeki yang terbaik kepada kita.

BACA JUGA:Perbuatan Ringan yang Bisa Membuka Pintu Rezeki, Apa Saja?

Rasulullah SAW bersabda:

لَوْ أَنَّكُمْ تَوَكَّلْتُمْ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُو خِمَاصًا وَتَرُوحُ بِطَانًا

"Seandainya kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, niscaya Allah akan memberikan rezeki kepada kalian sebagaimana Dia memberi rezeki kepada seekor burung, yang keluar pada pagi hari dalam keadaan lapar lalu sore harinya pulang dalam keadaan kenyang." (HR. Turmudzi 2344, Ibn Hibban 730 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth) 

Dari hadis ini, kita bisa memahami bahwa Allah SWT akan memberikan rezeki kepada orang-orang yang bertawakal kepada-Nya, dan berusaha dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang ada. Allah SWT tidak akan menyia-nyiakan usaha dan ikhtiar kita, asalkan kita melakukannya dengan cara yang halal dan berkah.

Oleh karena itu, kita harus menjauhi sikap meratapi rezeki yang sedikit, yang bisa menghambat rezeki kita. Kita harus berusaha untuk selalu bersyukur atas rezeki yang telah Allah SWT berikan, serta berikhtiar dengan cara yang halal dan berkah, serta disertai dengan tawakkal, doa, dan sedekah. Kita harus percaya bahwa Allah SWT akan memberikan rezeki yang terbaik kepada hamba-hamba-Nya yang beriman dan bertakwa.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: