Kiyai Haji Muhammad Nawawi, Ulama dan Pejuang yang Memiliki Karomah Menangkis Peluru Penjajah

Kiyai Haji Muhammad Nawawi, Ulama dan Pejuang yang Memiliki Karomah Menangkis Peluru Penjajah

Kiyai Haji Muhammad Nawawi, Ulama dan Pejuang yang Memiliki Karomah Menangkis Peluru Penjajah--

RADARMUKOMUKO.COM - Kiai Haji Muhammad Nawawi adalah salah satu ulama dan pejuang yang berasal dari Mojokerto, Jawa Timur. Ia lahir pada tahun 1886 dan syahid pada tahun 1946. Ia adalah pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Mangun Rejo di Jagalan, Kota Mojokerto. Ia juga dikenal sebagai Mbah Nawawi Jagalan, yang berarti kakek Nawawi dari Jagalan.

Selain memiliki ilmu agama yang luas dan mendalam, Kiai Haji Muhammad Nawawi juga memiliki karomah atau kemampuan luar biasa yang hanya dimiliki oleh orang-orang yang dekat dengan Allah. Salah satu karomahnya yang paling terkenal adalah mampu menangkis peluru penjajah dengan batu kerikil dan sorbannya.

Kisah ini terjadi pada tahun 1946, ketika Indonesia sedang berjuang melawan penjajah Belanda yang ingin menguasai kembali tanah air. 

Kiai Haji Muhammad Nawawi adalah salah satu ulama yang turun ke medan perang dan memimpin pasukan Laskar Sabilillah dan Hizbullah di Mojokerto. Ia juga menjadi anggota Badan Musyawarah Ulama (BMU) Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Islam terbesar di Indonesia.

BACA JUGA:Bappelitbangda Mukomuko Ungkap Rencana 30 November 2023, H. Gianto: Semoga Terwujud

Suatu hari, Kiai Haji Muhammad Nawawi dan pasukannya sedang berada di Desa Sumantoro, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Mereka sedang menghadapi serangan dari pasukan Belanda yang lebih besar dan lebih bersenjata. Kiai Haji Muhammad Nawawi dan pasukannya hanya memiliki senjata tradisional seperti bambu runcing, golok, dan tombak.

Namun, Kiai Haji Muhammad Nawawi tidak takut atau gentar. Dikutip dari berbgai sumber, Ia justru bersemangat dan berani menghadapi musuh. Ia mengambil batu kerikil dan sorbannya, lalu melemparkan batu kerikil ke arah pasukan Belanda sambil meniup sorbannya. 

Keajaiban pun terjadi. Batu kerikil yang dilemparkan Kiai Haji Muhammad Nawawi berubah menjadi peluru yang mampu menembus tubuh pasukan Belanda. Sementara itu, sorbannya berfungsi sebagai perisai yang mampu menangkis peluru-peluru yang ditembakkan pasukan Belanda.

BACA JUGA:Karomah Abah Anom Ulama Sakti dari Tanah Sunda, Ketika Akan Dibunuh PKI yang Menyamar Jadi Santri?

Dengan karomah Kiai Haji Muhammad Nawawi, pasukan Laskar Sabilillah dan Hizbullah berhasil mengalahkan pasukan Belanda. 

Mereka juga berhasil merebut senjata-senjata yang ditinggalkan pasukan Belanda. Kiai Haji Muhammad Nawawi dan pasukannya pun bersyukur dan berteriak Allahu Akbar.

Kisah karomah Kiai Haji Muhammad Nawawi ini menjadi bukti bahwa Allah Maha Menolong hamba-Nya yang berjuang di jalan-Nya. Kiai Haji Muhammad Nawawi adalah salah satu wali Allah yang diberi keistimewaan oleh Allah. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dan inspirasi dari kisah ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: