Manfaat Cangkang Telur Yang Jarang Disadari Hingga Dibuang Begitu Saja

Manfaat Cangkang Telur Yang Jarang Disadari Hingga Dibuang Begitu Saja

Manfaat Cangkang Telur Yang Jarang Disadari Hingga Dibuang Begitu Saja-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Tidak banyak orang yang tahu, ternyata cangkang telur yang berupa sampah tersebut memiliki banyak manfaat.  Selama ini biasanya cakang telur selalu dibuang.

Cangkang telur berguna untuk kesehatan. Selain itu Cangkang telur juga bermanfaat untuk tanaman, karena bisa diolah menjadi pupuk organik cair.

Tekstur cangkang telur yang keras terbuat dari kalsium karbonat, bentuk kalsium yang paling umum. Kalsium itu sendiri merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan agar tubuh selalu berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Anak Kos Wajib Coba, Ini Dia Resep Cah Sawi Orak-arik Telur yang Rasanya Mantap Bikin Nasi Nambah Terus

BACA JUGA:Kehadiran Peserta Seleksi PPPK Kabupaten Mukomuko Capai 99,9 Persen

Satu cangkang telur mengandung sekitar 40 persen kalsium. Setengah dari kulit telur ini saja sudah bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa, yaitu 1.000 mg per hari.

Kulit telur juga mengandung mineral lainnya termasuk strontium, fluorida, magnesium, selenium, hingga protein. Semua zat gizi tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

Dirangkum dari berbagai sumber, adapun manfaat kulit telur untuk kesehatan diantaranya:

- Bisa menurunan risiko osteoporosis

- Mampu menurunkan kandungan beracun dalam tubuh

- Dapat meningkatkan kesehatan sendi.

- Berguna menurunkan gejala gangguan lambung

Kandungan kalsium pada cangkang telur yang cukup besar dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman. Kalsium merupakan suatu zat yang berperan penting dalam pembentukan struktur tubuh, tulang, dan gigi pada manusia dan hewan serta dinding sel pada tanaman.

Peran kalsium lain khususnya pada tanaman antara lain, menebalkan dinding sel, meningkatkan pemanjangan sel akar, kofaktor proses enzimatis dan hormonal, pelindung dari cekaman panas, hama, dan penyakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: