5 Tips Berkendara Saat Kondisi Hujan, Jangan Lakukan Hal Ini

5 Tips Berkendara Saat Kondisi Hujan, Jangan Lakukan Hal Ini

5 Tips Berkendara Saat Kondisi Hujan, Jangan Lakukan Hal Ini--

RADARMUKOMUKO.COM - Setiap orang yang mengendarai kendaraan pasti akan bertemu dengan situasi cuaca hujan lebat. Mengendarai mobil memang bisa menghindari dari basah oleh hujan, namun demikian tetap berdampak pada kemampuan memacu lari kendaraan.

Yang pasti berkendara saat hujan lebat mengganggu jarak pandang pengemudi, sehingga sangat rawan terjadi kecelakaan yang fatal, baik bertabrakan dengan pengendara lain ataupun terperosok ke luar jalur hingga terbalik.

BACA JUGA:Masih Tayang di Bioskop, Ini Sinopsis Film 172 Days, Kisah Cinta yang Menyentuh yang Diangkat dari Kisah Nyata

Juga genangan air di jalan bisa mengganggu kendaraan, bahkan dapat menyebabkan kendaraan terbalik.

Maka pengendara harus cara mengemudi yang aman saat hujan agar tidak terjadi hal yang buruk dan selamat sampai tujuan. 

Merujuk dari berbagai sumber, berikut beberapa tips berkendara saat hujan agar selamat sampai ke tujuan:

Kecepatan

Rumus pertama untuk menghindari masalah saat mengemudi dalam kondisi hujan adalah mengurangi kecepatan. Sebab jarak pandang terbatas, kondisi jalan licin dan genangan air juga saat dalam kecepatan tinggi bisa menyebabkan celaka.

BACA JUGA:Partai Politik Diprediksi Bakal Raih 5 Kursi Pertama DPRD Mukomuko di Dapil II 

Juga cengkeraman rem saat hujan kadang tidak stabil, maka disarankan dalam kondisi hujan tidak boleh ngebut di jalan.

Lampu Kendaraan

Jika hujan lebat, jarak padang pengemudi berkurang, maka menghidupkan lampu bisa membantu pemantauan dari pengendara lain, baik dari depan maupun dari belakang. Cara ini dapat mengurangi resiko kecelakaan di jalan dalam kondisi hujan.

Ingat dalam kondisi hujan jangan menyalakan lampu hazard. Karena lampu ini hanya boleh dinyalakan saat keadaan darurat dan mobil dalam keadaan diam. Menyalakan lampu hazard ketika berkendara saat hujan lebat, akan membuat pengguna jalan lainnya akan bingung dalam mengantisipasi.

Jaga Jarak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: