Cara Membuat Semur Jengkol, Makanan Khas Betawi Populer Gurih dan Legit Jangan Sampai Terlewatkan

Cara Membuat Semur Jengkol, Makanan Khas Betawi Populer Gurih dan Legit Jangan Sampai Terlewatkan

Cara Membuat Semur Jengkol, Makanan Khas Betawi Populer Gurih dan Legit Jangan Sampai Terlewatkan--

RADARMUKOMUKO.COM - Semur jengkol adalah salah satu makanan khas Betawi yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. 

Makanan ini berupa jengkol yang digoreng dan direbus dengan bumbu yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai, kecap manis, garam, merica, dan pala. 

Semur jengkol memiliki rasa yang gurih, pedas, dan manis. Semur jengkol biasanya disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal.

Semur jengkol merupakan makanan yang berasal dari Betawi, meskipun ada beberapa daerah lain yang juga memiliki makanan serupa, seperti Jawa, Bali, dan Sumatera. 

BACA JUGA:Benarkah, Manusia Bisa Bertahan Hidup Lebih Lama dengan Minum daripada Makan

Semur jengkol di Betawi sendiri sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, ketika para pekerja di perkebunan mengolah sisa nasi yang sudah dingin dengan bumbu-bumbu sederhana. 

Semur jengkol kemudian berkembang menjadi makanan yang disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari rakyat biasa hingga presiden.

Membuat semur jengkol sendiri di rumah tidaklah sulit, asalkan Anda memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah resep cara membuat semur jengkol yang sederhana dan lezat:

Bahan-bahan:

-  500 gram jengkol, direndam dalam air dingin 3 hari (ganti airnya setiap hari), direbus di dalam air panas 15 menit, tiriskan, memarkan

-  6 butir bawang merah, diiris halus

-  3 siung bawang putih, cincang halus

-  2 buah cabai merah, iris tipis

-  2 sdm kecap manis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: