Simak Berikut Ini Syarat dan Cara Mencairkan Jaminan Kehilangan Pekerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan
Simak Berikut Ini Syarat dan Cara Mencairkan Jaminan Kehilangan Pekerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan--
RADARMUKOMUKO.COM – Para pekerja yang memiliki BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan berbagai manfaat berupa beberapa jaminan salah satunya adalah jaminan kehilangan pekerjaan.
Para pekerja yang mengalami kehilangan pekerjaan akibat PHK yang di terima dapat mengajukan klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan.
BACA JUGA:Perusahaan Tempat Kerja Tak Daftarkan BPJS Ketenagakerjaan? Begini Cara Melaporkannya
Sebelum mengklaim atau mengajukan jaminan kehilangan pekerjaan, terdapat syarat-syarat yang harus di penuhi.
Berikut ini syarat-syarat untuk mengajukan Jaminan Kehilangan Pekerjaan.
• WNI yang di buktikan dengan KTP
• Peserta belum berusia 54 tahun ke atas
• Pekerja mengikuti minimal 3/4 program BPJS Ketenagakerjaan (Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun)
• Pekerja terdaftar sebagai peserta penerima upah
BACA JUGA:2 Cara Klaim JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan, Melalui JMO dan Lapakasik
Cara untuk mengajukan jaminan kehilangan pekerjaan dapat di lakukan secara online melalui situs siapkerja.kemnaker.go.id. berikut ini caranya:
1. Pertama buka website siapkerja.kemnaker.go.id dengan menggunakan akun yang terdaftar.
2. Kemudian pilih menu ajukan klaim dengan melengkapi biodata diri seperti nomor rekening, surat komitmen aktivitas pencarian kerja.
3. Kemudian proses pengajuan validasi oleh pihak BPJS.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: