Karomah Kiai Abbas Buntet, Ulama Besar yang Mampu Menghidupkan Orang Mati

Karomah Kiai Abbas Buntet, Ulama Besar yang Mampu Menghidupkan Orang Mati

Karomah Kiai Abbas Buntet, Ulama Besar yang Mampu Menghidupkan Orang Mati--

RADARMUKOMUKO.COM - Kiai Abbas Buntet adalah salah satu ulama besar di Jawa Barat yang dikenal karena kealiman dan keteduhan spiritualnya. 

Ia juga merupakan pengasuh Pesantren Buntet di Cirebon, yang merupakan salah satu pesantren tertua dan terbesar di Indonesia. Kiai Abbas Buntet lahir pada tahun 1879 dan wafat pada tahun 1946.

Selain memiliki ilmu agama yang tinggi, Kiai Abbas Buntet juga memiliki karomah atau kemampuan luar biasa yang hanya dimiliki oleh orang-orang yang dekat dengan Allah. Salah satu karomahnya yang paling terkenal adalah mampu menghidupkan orang mati.

Kisah ini terjadi pada tahun 1930, ketika Kiai Abbas Buntet sedang mengajar di Makkah. Suatu hari, ia mendengar ada seorang jamaah haji asal Indonesia yang meninggal dunia. Kiai Abbas Buntet merasa kasihan dan ingin membantu keluarga almarhum. Ia pun mendatangi tempat pemakaman dan meminta izin untuk melihat jenazah tersebut.

BACA JUGA:Karomah Guru Sekumpul, Digelar Macan di Medan Perang Kambing di Tengah Masyarakat

Ketika ia membuka kain kafan yang menutupi wajah jenazah, ia terkejut karena ternyata jenazah itu adalah salah satu santrinya yang pernah mondok di Pesantren Buntet. Kiai Abbas Buntet pun merasa sedih dan berdoa kepada Allah agar mengampuni dosa-dosa santrinya itu.

Tiba-tiba, ia mendengar suara lembut dari jenazah yang berkata, "Ya Kiai, saya masih hidup. Tolong jangan dikuburkan." Kiai Abbas Buntet pun terkejut dan memeriksa denyut nadi jenazah itu. Ternyata, jenazah itu masih bernafas dan berdetak jantungnya.

Kiai Abbas Buntet pun segera memberitahu keluarga almarhum dan petugas pemakaman bahwa jenazah itu masih hidup. Mereka pun tidak percaya dan mengira Kiai Abbas Buntet gila. Namun, setelah mereka melihat sendiri bahwa jenazah itu benar-benar hidup, mereka pun tercengang dan bersyukur.

BACA JUGA:Karomah KH Abbas Abdul Jamil, Ulama yang Menghancurkan Tank Jepang dengan Bambu Runcing

Kiai Abbas Buntet kemudian membawa santrinya itu ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Santri itu pun sembuh dan bisa kembali ke Indonesia bersama keluarganya. 

Ia pun bersaksi bahwa ia merasakan ada cahaya yang masuk ke dalam tubuhnya ketika Kiai Abbas Buntet berdoa untuknya. Ia juga mengatakan bahwa ia mendengar suara Allah yang menyuruhnya untuk kembali ke dunia.

Kisah karomah Kiai Abbas Buntet ini menjadi bukti bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Kiai Abbas Buntet adalah salah satu wali Allah yang diberi keistimewaan oleh Allah. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dan inspirasi dari kisah ini. Aamiin. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: