Perbuatan Ringan yang Bisa Membuka Pintu Rezeki, Apa Saja?

Perbuatan Ringan yang Bisa Membuka Pintu Rezeki, Apa Saja?

Perbuatan Ringan yang Bisa Membuka Pintu Rezeki, Apa Saja?--

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7)

BACA JUGA:Apakah Menolak Pemberian Termasuk Menolak Rezeki? Ini Pandangan Islam

3. Bersedekah dan berinfaq, yaitu mengeluarkan sebagian harta kita untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, seperti fakir, miskin, yatim, piatu, atau lainnya, dengan ikhlas dan tanpa riya. Bersedekah dan berinfaq bisa membersihkan harta kita dari kotoran dan dosa, serta menarik rezeki yang lebih banyak dan lebih baik dari Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 261)

4. Menjaga lisan dari perkataan yang sia-sia, dusta, ghibah, namimah, fitnah, atau hal-hal yang tidak bermanfaat. Lisan adalah anggota tubuh yang kecil, namun bisa menimbulkan dampak yang besar. Orang yang menjaga lisan dari perkataan yang buruk bisa menjaga kehormatan dan kebaikan dirinya, serta mendapatkan pahala dan rezeki dari Allah SWT.

BACA JUGA:Seret, Lakukan 5 Amalan Ini Yang Bisa Melancarkan Rezeki

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ يَضْمَنْ لِي مَا بَيْنَ لَحْيَيْهِ وَمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ أَضْمَنْ لَهُ الْجَنَّةَ

"Barangsiapa yang menjamin untukku apa yang ada di antara dua rahangnya dan apa yang ada di antara dua kakinya, maka aku menjamin untuknya surga." (HR. Bukhari)

5. Menuntut ilmu yang bermanfaat, baik ilmu agama maupun ilmu dunia. Ilmu adalah cahaya yang menerangi hati, pikiran, dan perbuatan manusia. Orang yang menuntut ilmu yang bermanfaat bisa meningkatkan kualitas dirinya, serta memberikan manfaat bagi dirinya dan orang lain. Hal ini bisa membuat Allah SWT memberikan keberkahan dan rezeki kepada orang yang berilmu.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an:

قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ

"Katakanlah: 'Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?' Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran." (QS. Az-Zumar: 9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: