Perbuatan Ringan yang Bisa Membuka Pintu Rezeki, Apa Saja?

Perbuatan Ringan yang Bisa Membuka Pintu Rezeki, Apa Saja?

Perbuatan Ringan yang Bisa Membuka Pintu Rezeki, Apa Saja?--

RADARMUKOMUKO.COM - Rezeki adalah segala sesuatu yang diberikan Allah SWT kepada makhluk-Nya, baik berupa harta, kesehatan, kebahagiaan, ilmu, atau hal lainnya. 

Rezeki sudah ditentukan oleh Allah SWT sejak sebelum manusia dilahirkan, namun manusia harus berusaha untuk mendapatkannya dengan cara yang halal dan berkah.

Salah satu faktor yang mempengaruhi datangnya rezeki adalah perbuatan manusia itu sendiri. 

BACA JUGA:Beberapa Sifat Istri Ini Ternyata Dapat Menghambat Rezeki Suami, Nomor 3 Paling Sering Dilakukan

Ada perbuatan yang bisa menghambat rezeki, seperti dosa, maksiat, sombong, mengeluh, dan lain-lain. 

Namun, ada juga perbuatan yang bisa membuka pintu rezeki, bahkan bisa mendatangkan rezeki yang tidak terduga.

Perbuatan-perbuatan yang membuka pintu rezeki ini kadang dianggap ringan oleh sebagian orang, padahal sebenarnya sangat bermanfaat dan berkah. Apa saja perbuatan ringan yang bisa membuka pintu rezeki? Berikut beberapa di antaranya:

1. Bangun di waktu subuh. Waktu subuh adalah waktu yang penuh berkah, di mana Allah SWT menurunkan rahmat dan rezeki-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang bangun dan beribadah. Orang yang bangun di waktu subuh bisa melaksanakan shalat subuh berjamaah, membaca Al-Qur'an, berdzikir, berdoa, dan berikhtiar. Hal ini bisa membuat hati menjadi tenang, pikiran menjadi jernih, dan rezeki menjadi lancar.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى الْفَجْرَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

"Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat, maka baginya pahala seperti haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna." (HR. Tirmidzi)

2. Bersyukur atas segala nikmat yang Allah SWT berikan, baik yang sedikit maupun yang banyak, baik yang senang maupun yang susah, baik yang tampak maupun yang tersembunyi. Orang yang bersyukur menunjukkan rasa puas dan menghargai apa yang telah Allah SWT berikan kepada mereka, serta tidak lupa untuk mengucapkan hamdalah dan shalawat. Hal ini bisa membuat Allah SWT menambah nikmat dan rezeki kepada mereka.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: