Ikut KB MOW dan KB MOP Gratis dan Diberi Uang Rp 100 Ribu Untuk 3 Hari

Ikut KB MOW dan KB MOP Gratis dan Diberi Uang Rp 100 Ribu Untuk 3 Hari

Ikut KB MOW dan KB MOP Gratis dan Diberi Uang Rp 100 Ribu Untuk 3 Hari--

RADARMUKOMUKO.COM - Wanita dan pria yang sudah memiliki anak dan ingin melakukan steril atau tidak bisa hamil lagi, pemerintah Kabupaten Mukomuko mebuka layanan KB dengan Metode Operasi Wanita (MOW) untuk wanita. Juga bagi pria bisa ikut KB Metode Operasi Pria (MOP) atau Vasektomi mulai tahun depan.

Leading sektor dari program ini yaitu Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) bekerjasama dengan Rumah Sakit (RS) Al Barra Mukomuko.

Menariknya operasi gratis atau tidak dipungut biaya. Bahkan wanita yang suka rela ikut program ini bakal mendapat uang Rp 100 ribu setiap hari selama 3 hari atau jatah hidup (Jadup).

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Tingkatkan Literasi Anak Melalui Lomba Bertutur

Plt Kepala DP2KBP3A Kabupaten Mukomuko, R. Panji Surya menjelaskan salah satu program KB yang dibuka sekarang yaitu KB MOW atau steril pada wanita yang sudah tidak ingin hamil. Dalam pelaksanaannya dinas menjalin kerjasama dengan RS Al Barra Mukomuko. 

"Silahkan bagi masyarakat yang ingin KB MOW, datang langsung ke rumah sakit tersebut," kata Panji Surya. 

KB MOW ini adalah metode kontrasepsi mantap yang bersifat sukarela bagi seorang wanita bila tidak ingin hamil lagi dengan cara mengoklusi tuba falupii atau mengikat dan memotong atau memasang cincin. Lewat cara ini sperma tidak dapat bertemu dengan ovum. 

Namun kontrasepsi MOW atau tubektomi ini katanya, tidak serta merta menjadi pilihan utama. Karena metode kontrasepsi medis operatif wanita tidak serta merta digunakan karena sifat kepermanenanya yang harus dipertimbangkan. 

"KB MOW ini sifatnya permanen. Metode KB ini sangat efektif dan tidak menimbulkan efek samping jangka panjang," jelasnya. 

BACA JUGA:Akses BPJS Kesehatan Semakin Mudah dan Praktis, Ayo Gunakan Mobile JKN

Saat ini baru tercatat sebanyak dua orang dari target sebanyak empat orang. Warga yang akan ikut KB MOW ini, mereka melewati beberapa screening yang dipersyaratkan untuk dapat mengikuti pelayanan.

Tujuannya untuk memastikan peserta yang bersangkutan kondisinya benar-benar sehat. Selain itu, peserta yang ikut KB MOW juga akan mendapatkan uang jatah hidup (jadup) selama tiga hari. 

"Setiap harinya, mereka mendapatkan uang jadup sebesar Rp 100 ribu selama tiga hari. Selain itu, pada saat operasi berlangsung, mereka dan keluarga yang menunggu di rumah sakit diberikan makan dan minum oleh dinas," katanya. 

Tahun 2024 nanti masih dilanjutkan, bahkan bukan hanya KB MOW atau tubektomi, tetapi juga ada layanan KB Metode Operasi Pria (MOP) atau Vasektomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: