Apakah Bayi yang Baru Lahir Sudah Ada Rizkinya? Ini Pandangan Islam

Apakah Bayi yang Baru Lahir Sudah Ada Rizkinya? Ini Pandangan Islam

Apakah Bayi yang Baru Lahir Sudah Ada Rizkinya? Ini Pandangan Islam--

RADARMUKOMUKO.COM - Rizki adalah segala sesuatu yang diberikan Allah SWT kepada makhluk-Nya, baik berupa harta, kesehatan, kebahagiaan, ilmu, atau hal lainnya. 

Rizki sudah ditentukan oleh Allah SWT sejak sebelum manusia dilahirkan, namun manusia harus berusaha untuk mendapatkannya dengan cara yang halal dan berkah.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul di benak orang tua adalah apakah bayi yang baru lahir sudah ada rizkinya? Bagaimana ia mendapatkannya? Dan bagaimana pandangan agama Islam tentang hal ini?

BACA JUGA:Apakah Menolak Pemberian Termasuk Menolak Rezeki? Ini Pandangan Islam

Menurut pandangan agama Islam, bayi yang baru lahir sudah ada rizkinya yang telah Allah SWT tetapkan sejak ia masih dalam kandungan. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT dalam Al-Qur'an:

وَفِي السَّمَاءِ رِزْقُكُمْ وَمَا تُوعَدُونَ

"Dan di langit (tersimpan) rizki kalian dan apa yang dijanjikan kepada kalian." (QS. Adz-Dzariyat: 22)

Dari ayat ini, kita bisa memahami bahwa rizki kita sudah ada di langit, yang berarti sudah ditulis oleh Allah SWT dalam Lauh Mahfuzh, yaitu papan tulis yang mencatat segala sesuatu yang terjadi di alam semesta.

Selain itu, ada juga hadis Rasulullah SAW yang menyatakan:

إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا نُطْفَةً ثُمَّ يَكُونُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ يَكُونُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيهِ الرُّوحَ وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٍّ أَوْ سَعِيدٍ

"Sesungguhnya salah seorang dari kalian dikumpulkan kejadiannya dalam perut ibunya selama empat puluh hari dalam bentuk nutfah, kemudian menjadi segumpal darah selama itu (pula), kemudian menjadi segumpal daging selama itu (pula), kemudian diutus malaikat kepadanya, lalu ditiupkan roh kepadanya. Dan diperintahkan dengan empat perkara: ditulis rizkinya, ajalnya, amalnya, dan celaka atau bahagianya." (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Apakah Dalam Agama Islam Menganjurkan Sedekah di Luar Batas Kemampuan? Ini Pandangan Islam

Dari hadis ini, kita bisa memahami bahwa rizki bayi yang baru lahir sudah ditulis oleh malaikat sejak ia masih dalam kandungan, bersamaan dengan peniupan roh, penentuan ajal, amal, dan nasibnya.

Namun, meskipun rizki bayi yang baru lahir sudah ditentukan oleh Allah SWT, bukan berarti ia tidak perlu berusaha untuk mendapatkannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: