Realisasi DAK Pendidikan di Mukomuko Paling Tinggi, Mendekati Selesai

Realisasi DAK Pendidikan di Mukomuko Paling Tinggi, Mendekati Selesai

Realisasi DAK Pendidikan di Mukomuko Paling Tinggi, Mendekati Selesai--

RADARMUKOMUKO.COM - Realisasi proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan di Kabupaten Mukomuko tergolong cepat dan progresnya berdasarkan evaluasi terakhir, salah satu yang terbaik tahun 2023 ini.

Diketahui, Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko, terkhusus melalui Bidang Dikdas melaksanakan 42 paket proyek pembangunan fasilitas pendidikan di berbagai SD dan SMP se-kabupaten. 

Semua berjalan dan bahkan diklaim sudah ada yang selesai dan sebagian lagi tahap finishing. Kebanyakan proyek yang sudah selesai yaitu untuk pekerjaan PL.

BACA JUGA:Gaji Guru Honor Daerah 2 Bulan Hampir Dipastikan Hangus, Dana BOS Tak Cukup

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas), Ramin Hosky, ST mengatakan sebagian pekerjaan sudah dinyatakan selesai, tinggal menunggu proses PHO. 

Tahun ini pihaknya melaksanakan 42 paket yang didanai DAK maupun APBD, sebanyak 26 paket diantaranya adalah proyek PL. Hasil monitoring di lapangan belum ada kendala yang berati, semua sudah hampir selesai. 

Batas waktu pelaksanaan proyek dinas pendidikan sesuai kontrak yaitu tanggal 15 desember nanti.

"Sudah ada yang selesai, juga hampir selesai, maka sampai batas waktu 15 desember sesuai kontrak, kita yakin semua clear. Terutama yang PL umumnya sudah bisa dikatakan selesai," katanya.

Saat dilakukan evaluasi beberapa waktu lalu di pusat, pelaksanaan proyek DAK Mukomuko 2023 termasuk paling tinggi dibanding berbagai daerah lainnya. 

BACA JUGA:Perpanjangan SK Tenaga Honor Daerah Bakal Dibagikan Minggu Depan

Sebab saat itu persentasenya sudah di 85 persen, sekarang kemungkinan progresnya sudah 90 persen lebih. Dalam pelaksanaan proyek DAK pendidikan ini, tidak bisa ditunda atau nyantai, karena evaluasi terus dilakukan.

Daerah yang masih rendah atau tidak mencapai target dampaknya cukup fatal, yaitu pembiayaan akan dialihkan ke APBD.

"Tidak bisa main-main, jika target realisasinya pertahapan tidak tercapai, maka daerah yang akan menanggungnya. Dalam evaluasi kemarin ada dua daerah yang masih rendah, hingga mereka mendapat sanksi," tegasnya.

Terlaksananya secara tepat waktu proyek DAK pendidikan tahun ini, tidak lepas dari kesiapan para rekanan untuk menuntaskan tanggungjawabnya dengan segera. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: