Kekinian dan Sedap, Ini Dia Resep Pempek Dos Ubi Unggu yang Menggoyangkan Lidah

Kekinian dan Sedap, Ini Dia Resep Pempek Dos Ubi Unggu yang Menggoyangkan Lidah

Kekinian dan Sedap, Ini Dia Resep Pempek Dos Ubi Unggu yang Menggoyangkan Lidah--

7. Untuk membuat kapal selam. Ambil adonan, lalu bulatkan. Tekan dengan ibu jari dibagian tengah. Lalu dengan bantuan jempol dan telunjuk dari tangan kanan dan telapak tangan dari tangan kiri, bentuk menjadi kantong seperti gambar ini.

8. Masukkan telur setengah dari tinggi lubang. Lalu tekan-tekan perlahan di bagian atas untuk mengunci. Jangan ditekan dari tengah karena nanti bisa muncrat telurnya.

9. Kalau males ribet bikin kapal selam. Bisa juga dibentuk silinder biasa (lenjer) ataupun bulat. Kalau mau dibentuk seperti ubi juga boleh.

10. Rebus air dan minyak. Biarkan mendidih. Lalu masukkan pempek. Lakukan yang lenjer dulu, karena kalau kapal selam ternyata bocor nanti mengotori air rebusan. Tapi usahakan saat membuat kapal selam jangan ada bagian yang bocor ya. Rebus sekitar 15 menit (tergantung besar pempek yang dibuat). Lebih baik kelamaan rebus daripada kurang. Karena kalau kurang nanti rasa tepung mentahnya terasa sekali.

11. Angkat dan tiriskan. Direbus begini saja boleh langsung dimakan. Atau digoreng biar crispy diluar juga boleh. Tapi ingat, karena ini pempek dos, jangan terlalu lama menggorengnya dan minyaknya juga tidak boleh terlalu panas.

12. Tuang kuah cuko dan beri potongan timun.

13. Sajikan selagi hangat.

Selamat mencoba.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: