Wow, Ternyata Daun Ketepeng Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Kulit, Apa Saja?

Wow, Ternyata Daun Ketepeng Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Kulit, Apa Saja?

Wow, Ternyata Daun Ketepeng Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Kulit, Apa Saja?--

Mengatasi Kudis

Kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi tungau Sarcoptes scabiei. Kudis dapat menyerang berbagai bagian tubuh, seperti tangan, kaki, perut, atau bokong. Kudis ditandai dengan gejala seperti gatal, kemerahan, bintik-bintik, dan luka pada kulit.

Daun ketepeng dapat membantu mengatasi kudis dengan cara menghambat pertumbuhan dan perkembangan tungau Sarcoptes scabiei. Kandungan alkaloid, saponin, dan tanin yang ada dalam daun ketepeng bersifat antibakteri dan antivirus, sehingga dapat membunuh tungau penyebab kudis. Selain itu, kandungan antioksidan dan antiradang yang ada dalam daun ketepeng juga dapat membantu meredakan gejala kudis.

BACA JUGA:Ini Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Banyaknya Polusi Udara, Inilah Tips Berolahraga yang Tepat di Tengah Lingkungan yang Terkena Polusi

Untuk mengatasi kudis dengan daun ketepeng, Anda dapat menggunakan lumatan daun ketepeng sebagai obat oles. Caranya, ambil sekitar 10 gram daun ketepeng segar dan sedikit tawas atau 1 sendok makan kapur sirih, lalu lumatkan sampai halus. Kemudian, oleskan lumatan daun ketepeng pada bagian kulit yang terkena kudis dan balut dengan kain bersih. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali sehari sampai kudis sembuh.

Mengatasi Panu

Panu adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia furfur. Panu dapat menyerang berbagai bagian tubuh, terutama leher, dada, atau punggung. Panu ditandai dengan gejala seperti gatal, kemerahan, dan bercak-bercak putih atau cokelat pada kulit.

Daun ketepeng dapat membantu mengatasi panu dengan cara menghambat pertumbuhan dan perkembangan jamur Malassezia furfur. Kandungan antrakuinon yang ada dalam daun ketepeng bersifat antifungi atau antijamur, sehingga dapat membunuh jamur penyebab panu. Selain itu, kandungan antioksidan dan antiradang yang ada dalam daun ketepeng juga dapat membantu meredakan gejala panu.

Untuk mengatasi panu dengan daun ketepeng, Anda dapat menggunakan air rebusan daun ketepeng sebagai obat cuci atau kompres. Caranya, rebus sekitar 10 gram daun ketepeng segar dalam 1 liter air selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya dan gunakan untuk mencuci atau mengompres bagian kulit yang terkena panu. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali sehari sampai panu sembuh.

Mengatasi Eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh peradangan kronis pada kulit. Eksim dapat menyerang berbagai bagian tubuh, seperti wajah, tangan, kaki, atau lipatan kulit. Eksim ditandai dengan gejala seperti gatal, kemerahan, ruam, luka, atau kulit kering dan pecah-pecah.

BACA JUGA:7 Manfaat Sirih Gading Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Kanker

BACA JUGA:Banyaknya Polusi Udara, Inilah Tips Berolahraga yang Tepat di Tengah Lingkungan yang Terkena Polusi

Daun ketepeng dapat membantu mengatasi eksim dengan cara mengurangi peradangan dan meredakan gejala eksim. Kandungan antioksidan dan antiradang yang ada dalam daun ketepeng dapat membantu menangkal radikal bebas dan menghentikan proses inflamasi pada kulit. Selain itu, kandungan emodin, aloe-emodin, dan krisopanol yang ada dalam daun ketepeng juga dapat membantu menyembuhkan luka dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: