Cara Membuat Sambel Mangga yang Gurih dan Nagih Bikin Nasi Makin Ludes

Cara Membuat Sambel Mangga yang Gurih dan Nagih Bikin Nasi Makin Ludes

Cara Membuat Sambel Mangga yang Gurih dan Nagih Bikin Nasi Makin Ludes--

RADARMUKOMUKO.COM - Sambel mangga, embem, amplam dll adalah beberapa menu pedas yang gurih dan nagihhh. Sambel mangga, embem, amplam dll terbuat dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan, namun memiliki rasa yang kaya dan menggugah selera. Sambel mangga, embem, amplam dll cocok disantap sebagai lauk pauk sehari-hari atau untuk acara khusus.

Sambel mangga adalah sambel yang terbuat dari mangga muda yang diserut atau dicacah, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu seperti cabai, bawang, terasi, garam, gula, dan air asam jawa. 

Sambel mangga memiliki rasa yang segar dan pedas, serta kandungan vitamin dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Sambel mangga bisa disajikan dengan berbagai macam lauk pauk, seperti bebek, ayam, ikan, atau gorengan.

BACA JUGA:Beda Rasanya Mengaduk Kopi Hitam Dengan Rumus M dan W Bukan O Boleh Dicoba, Rasanya Bakal Lebih Nikmat

BACA JUGA:Tingkatkan Perlindungan Anak, Bapas Bukittinggi Dukung Kebijakan Pembentukan KPAN Pemkab Lima Puluh Kota

Embem adalah olahan dari mangga kweni yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Embem memiliki rasa yang asam dan manis, serta tekstur yang kenyal dan renyah. 

Embem bisa dimakan langsung sebagai cemilan atau dicampur dengan sambel untuk menambah rasa pedas. Embem juga bisa disimpan dalam wadah tertutup untuk dikonsumsi kembali.

Amplam adalah olahan dari pisang yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Amplam memiliki rasa yang manis dan gurih, serta tekstur yang renyah dan garing. 

Amplam bisa dimakan langsung sebagai cemilan atau dicampur dengan sambel untuk menambah rasa pedas. Amplam juga bisa disimpan dalam wadah tertutup untuk dikonsumsi kembali.

Cara membuat sambel mangga, embem, amplam dll juga tidak terlalu rumit. 

Pertama-tama, serut atau cacah mangga muda sesuai selera. Kemudian, haluskan bumbu sambel seperti cabai, bawang, terasi, garam, gula, dan air asam jawa dengan blender atau cobek. Selanjutnya, campurkan mangga dan bumbu sambel, aduk rata dan koreksi rasa. Sambel mangga siap disajikan.

Untuk membuat embem, kupas dan cuci mangga kweni, lalu potong-potong tipis. Taburkan garam dan gula pasir, aduk rata dan diamkan selama 15 menit. 

Kemudian, susun potongan mangga di atas loyang atau tampah, lalu jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Embem siap disimpan dalam wadah tertutup atau dimakan langsung.

Untuk membuat amplam, kupas dan cuci pisang, lalu potong-potong tipis. Taburkan garam dan gula pasir, aduk rata dan diamkan selama 15 menit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: