Pantai Batu Kumbang Objek Wisata Menawan Hati dari Mukomuko, Suasana Alamnya Bikin Mata Terbelalak

Pantai Batu Kumbang Objek Wisata Menawan Hati dari Mukomuko, Suasana Alamnya Bikin Mata Terbelalak

Pantai Batu Kumbang Objek Wisata Menawan Hati dari Mukomuko, Suasana Alamnya Bikin Mata Terbelalak --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pantai Batu Kumbang merupakan sebutan sebuah objek wisata unggulan daerah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu yang terletak di wilayah administrasi Desa Pulau Baru, Kecamatan Ipuh. 

Suasana pantai ini cukup menawan hati. Betapa tidak, keindahan alam sekitar didukung dengan pepohonan cemara yang hijau dan menjulang tinggi. Menyejukkan, tambah lagi kebersihan lingkungan pantai terjaga dan tertata. 

Asyiknya lagi, bagi pengunjung pantai ini juga bisa menikmati beragam arena permainan yang telah disediakan oleh pengelola pantai. 

BACA JUGA:Polres Mukomuko Sampaikan 3 Pesan untuk Masyarakat dalam Operasi Bina Karuna Nala 2023

BACA JUGA:Dua Desa Masuk Indikator Rawan Pangan Jadi Perhatian Prioritas Pemkab Mukomuko

Tak cukup sampai di situ, kenyamanan pengunjung juga dilengkapi dengan berbagai sarana layanan umum lainnya. Di samping tersedianya rumah ibadah, di pantai ini juga telah dilengkapi dengan sarana air bersih dan WC serta lainnya.

Selain daya tarik dari keindahan alamnya, Pantai Batu Kumbang juga memiliki sejarah penamaan yang unik dan menarik. Penamaan Batu Kumbang, diambil dari tiga buah batu unik berwarna hitam yang terdapat di kawasan bibir pantai tersebut.

Aneh memang, tiga buah batu hitam yang ada di kawasan Pantai Batu Kumbang tak serta merta dapat dilihat secara kasat mata. Dari informasi terhimpun, ada kalanya batu berwarna hitam pekat itu dapat dilihat dari bibir pantai. 

Menurut cerita masyarakat sekitar, batu hitam (Batu Kumbang) itu dapat dilihat dari bibit pantai ketika pasang surut. Bahkan, dari cerita masyarakat, batu itu menampakkan wujud ke permukaan biasanya pada bulan-bulan tertentu saja. 

‘’Lazimnya Batu Kumbang ini muncul dan tampak dilihat secara kasat mata pada bulan Safar. Itu pun ketika pasang surut,’’ kata Ajrun, pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Batu Kumbang. 

Ajrun juga menyampaikan bahwa penamaan Pantai Batu Kumbang oleh warga setempat, diambil dari tiga butir batu hitam yang berukuran besar di sekitar pantai. 

‘’Nama Batu Kumbang ini melekat sejak dulunya, sebutan ini diambil dari sebutan 3 buah batu besar berwarna hitam pekat di sekitar pantai,’’ ulasnya. 

Di kawasan Pantai Batu Kumbang, pengunjung juga bisa menikmati wisata sejarah. Menurut Ajrun, di kawasan pantai ini juga terdapat makam yang memiliki nilai sejarah dengan moyang terdahulu. 

‘’Ada nilai sejarahnya juga, sebab di pantai ini juga terdapat makam keramat, nenek moyang terdahulu,’’ paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: