Oleh-Oleh Khas Aceh Yang Harus Dibawa Pulang, Jangan Lupa Mencoba Sambal Ganja

Oleh-Oleh Khas Aceh Yang Harus Dibawa Pulang, Jangan Lupa Mencoba Sambal Ganja

Oleh-Oleh Khas Aceh Yang Harus Dibawa Pulang, Jangan Lupa Mencoba Sambal Ganja--

RADARMUKOMUKO.COM - Aceh merupakan provinsi paling ujung barat pulau Sumatera yang juga kepulauan Indonesia yang paling ujung, titik nol Indonesia dimulai dari sini.

Aceh tentu salah satu daerah yang menarik untuk dikunjungi, karena negerinya yang indah, memiliki berbagai destinasi wisata alam, laut dan wisata sejarah, termasuk wisata religi. 

Nah, jika sudah datang ke Aceh, maka pulangnya wajib membawa oleh-oleh untuk keluarga, rekan dan tetangga. Karena sangat banyak oleh-oleh khas tanah rencong ini yang menarik untuk dibeli untuk oleh-oleh.

BACA JUGA:Polres Mukomuko Sampaikan 3 Pesan untuk Masyarakat dalam Operasi Bina Karuna Nala 2023

BACA JUGA:Ini Jenis Alat Peraga Kampanye dan Bahan Kampanye Yang Boleh Digunakan Caleg

Juga selaga diaceh jangan luma menikmati kuliner seperti, Ayam tangkap, yaitu ayam goreng khas Aceh yang dimasak bersama dengan daun salam dan daun pandan, yang membuat aroma makanan ini sangat menggugah selera.

Juga ada sambal Ganja, walau namanya sambal Ganja, makanan ini sama sekali tidak mengandung tanaman ganja. Sambal dibuat dari udang yang diulek bersama bawang merah, cabai rawit, garam, dan belimbing wuluh yang membuat rasanya unik dan segar.

Satu-satunya alasan disebut sambal ganja lantaran rasanya yang membuat orang ketagihan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa oleh-oleh khas Aceh:

Kue Timphan

Kue timphan, terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang ditambah dengan isian pisang raja atau labu. Setelah itu, kue timphan dibungkus dengan kulit daun pisang. Selain isi pisang dan labu, ada pula kue timphan yang berisi srikaya dan durian walau jumlahnya tidak terlalu banyak. 

Kue Bhoi

Kue Bhoi selalu menjadi pilihan pertama wisatawan atau orang yang sudah berkunjung ke Aceh. Keunikan kue bolu ini adalah dicetak dalam bentuk ikan, sehingga kue ini juga sering disebut dengan kue ikan.

BACA JUGA:Kayak lagu, Cantik dan Manis, Begini Cara Membuat Kembang Goyang Renyah Anti Gagal dan Garing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: