5 Cara Memeram Buah Mangga Agar Masak Alami Versi Emak-emak di Kampung

5 Cara Memeram Buah Mangga Agar Masak Alami Versi Emak-emak di Kampung

5 Cara Memeram Buah Mangga Agar Masak Alami Versi Emak-emak di Kampung--

RADARMUKOMUKO.COM - Mangga merupakan salah satu pohon buah yang banyak dimiliki warga di perkarangan rumahnya. Juga banyak orang secara khusus membuat kebun mangga. 

Mangga disukai hampir semua orang, rasanya juga nikmat apalagi dimakan saat kondisi sedang kehausan atau panas, rasanya sangat nikmat dan menyegarkan.

Yang pasti sebagai buah, mangga sudah pasti mengandung banyak vitaman dan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan, namun jangan dikosumsi berlebihan, maka bisa bikin sakit.

BACA JUGA:Ini Cara Sederhana Merebus Jengkol Jadinya Empuk Tidak Berbau, Cukup Gunakan Serbuk Ini dan Atur Waktunya

BACA JUGA:Ini Cara Merebus Pisang Supaya Tetap Berwarna Kuning Cerah Tidak Menghitam, Jangan Lakukan Ini Pada Panci

Mangga biasa dipetik sebelum matang sempurna, agar tidak jatuh sendiri hingga menjadi rusak. Bahkan kalau dibiarkan masak sempurna di pohonnya bisa-bisa buah dimakan tikus atau tupai, juga dipanen orang lain.

Walau dipanen dalam kondisi belum matang sempurna, tapi sudah tua atau mekal, mangga akan masak alami lewat proses penyimpanan beberapa hari atau pemeraman.

Memeram mangga cukup mudah, emak-emak di kampung sangat paham bagaimana menyimpan mangga yang mekal supata cepat masak sempurna dan rasanya juga pasti alami.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara memeram mangga versi emak-emak:

1. Siapkan mangga yang sudah tua atau mekal, bungkus menggunakan karung benang ataupun dasar kain yang sudah tidak dipakai. Selanjutnya simpan ditempat sedikit gelap, seperti bawah meja, di dalam atau di atas lemari dapur, bahkan jika punya dipan model klasik atau lama yang bertiang, bisa ditarok bawah tempat tidur.

2. Cara kedua bungkus mangga dengan kain tipis atau kertas koran, kemudian tanam di dalam beras atau jagung. Bisa juga tanpa dibungkus, hanya saja bisa meyebabkan beras terkena getah mangga. Cara ini cukup cepat memasakkan mangga, diperkirakan dua hingga 3 hari semua sudah matang sempurna.

BACA JUGA:Ini Resep Membuat Milkshake Berenergi, Cocok Untuk Anak Agar Semangat Belajar

BACA JUGA:Cara Membuat Resep Sambel Ayam Suwir, Menu Pedas yang Gurih dan Mantap

3. Cara ketiga, pastikan mangga yang dipetik benar-benar sudah mekal, siapkan keranjang buah, lapiskan dengan koran lalu tarok mangga di dalamnya. Setelah itu lipas kertas koran agar mangga tertutup. Biarkan saja di sudut meja makan, maka mangga akan matang sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: