Mitos atau Fakta, Meminum Es Merupakan Cara Untuk Menyegarkan Diri dan Menyebabkan Jantung Melemah?

Mitos atau Fakta, Meminum Es Merupakan Cara Untuk Menyegarkan Diri dan Menyebabkan Jantung Melemah?

Mitos atau Fakta, Meminum Es Merupakan Cara Untuk Menyegarkan Diri dan Menyebabkan Jantung Melemah?--

-Menghindari minum alkohol, kopi, teh, atau minuman bersoda yang dapat meningkatkan keasaman lambung.

-Mengonsumsi obat antasida yang dapat menetralkan kelebihan asam lambung.

Meningkatkan Risiko Batu Ginjal

Makanan atau minuman dingin dapat mempengaruhi pH urine atau air seni. Urine yang terlalu asam dapat menyebabkan pembentukan kristal-kristal yang dapat berkembang menjadi batu ginjal. 

BACA JUGA:Jarang yang Tahu Ternyata Bunga Krokot Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Inilah Manfaat yang Akan Dirasakan Jika Rutin Mengonsumsi Buah Apel

Batu ginjal adalah massa keras yang terbentuk di dalam ginjal akibat penumpukan zat-zat tertentu dalam urine. Batu ginjal dapat menyebabkan gejala seperti nyeri pinggang, darah dalam urine, atau infeksi saluran kemih.

Untuk mencegah batu ginjal akibat makanan atau minuman dingin, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti:

-Minum air putih minimal 2 liter per hari untuk melarutkan zat-zat penyebab batu ginjal dan membantu pengeluarannya melalui urine.

-Mengonsumsi makanan yang kaya kalium, seperti pisang, alpukat, atau kentang untuk membantu menyeimbangkan pH urine.

-Menghindari makanan yang kaya oksalat, seperti bayam, cokelat, atau kacang-kacangan yang dapat meningkatkan risiko batu kalsium oksalat.

-Mengurangi konsumsi makanan yang kaya protein hewani, seperti daging, telur, atau keju yang dapat meningkatkan risiko batu asam urat.

Makan makanan pedas memang memiliki sensasi yang nikmat, tetapi juga dapat menimbulkan rasa pedih di perut yang tidak nyaman. Untuk mengatasi rasa pedih di perut akibat makan makanan pedas, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti minum susu, minum air rebusan jahe, mengonsumsi makanan berpati, mengonsumsi makanan atau minuman asam, dan menggunakan kompres hangat.

Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang lebih serius. Jika rasa pedih di perut tidak kunjung hilang atau disertai dengan gejala lain seperti demam, darah dalam tinja, atau penurunan berat badan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: