7 Cara Hemat Belanja Kebutuhan, Nomor 5 Bisa Bikin Lebih Fokus

7 Cara Hemat Belanja Kebutuhan, Nomor 5 Bisa Bikin Lebih Fokus

7 Cara Hemat Belanja Kebutuhan, Nomor 5 Bisa Bikin Lebih Fokus-Istimewa-Facebook/Indomaret

RADARMUKOMUKO.COM - Sedikit cukup, namun berapapun uang terasa kurang. Misal bulan ini uang hanya Rp 2 juta, ini pasti cukup untuk membeli kebutuhan sampai akhir minggu. Bulan berikutnya jika ada uang Rp 4 juta juga dipastikan habis hingga akhir pekan.

Sebab selagi ada uang di tangan selalu ada kebutuhan yang ingin dibeli dan bahkan dianggap penting untuk dimiliki. Maka untuk itu perlu mengatur keuangan dengan cermat.

Caranya adalah dengan menetapkan secara disiplin pengeluaran untuk kebutuhan. Jika ada uang berlebih dari catatan belanja yang sudah ditetapkan harus ditabung. Namun itu tidak cukup, harus ada langkah cerdas agar menjadi lebih efisien.

BACA JUGA:6 Mobil Baru Harga Rp 100 Jutaan, Murah Tapi Bukan Murahan

BACA JUGA:Pinjam Uang Rp 100 Juta Hingga Rp 250 Juta Dengan Jaminan Sertifikat Rumah, Ini Syaratnya

Berikut beberapa cara agar hemat belanja bulanan:

Buat Daftar Belanja

Kamu harus membuat daftar belanja sebelum pergi ke pasar atau super market. Beli kebutuhan apa yang ada dalam daftar tersebut, jangan tergoda oleh berbagai promo yang ada. Utamakan barang yang memang penting, seperti sembako, kebutuhan anak dan lainnya.

Tentukan Target Pengeluaran

Menentikan target belanja harus dilakukan, supaya nanti tidak kebablasan. Kapan perlu bawa uang sesuai dengan target itu saja, jika menggunakan uang kash.

Belanja Murah

Belanjalah di pasar tradisional, karena harganya lebih murah, kualitas kebutuhan di pasar tradisional juga cukup baik dan segar-segar. Juga bisa menfaatkan belanja barang kebutuhan yang ada promonya.

Utamakan Kebutuhan

Jika sudah pergi belanja, jangan dulu memikirkan keinginan, fokus saja mencari barang kebutuhan. Sebab jika sudah dirasuki keinginan, selalu ada yang akan dibeli. Apalagi godaan barang murah dan barang baru cukup banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: