Mengenal Penyakit Diabetes, Apa Penyebabnya Serta Cara Pencegahannya

Mengenal Penyakit Diabetes, Apa Penyebabnya Serta Cara Pencegahannya

Mengenal Penyakit Diabetes, Apa Penyebabnya Serta Cara Pencegahannya--

RADARMUKOMUKO.COMDiabetes merupakan penyakit yang mana terjadi akibat adanya kadar gula darah tinggi.

Diabetes sering juga di sebut dengan penyakit kencing manis. Penyakit ini merupakan penyakit kronis yang harus di waspadai.

Dirangkum dari berbagai sumber, penyakit diabetes adalah kondisi dimana gula darah dalam tubuh melebihi normal dan mengakibatkan penumpukan gula dalam aliran darah.

Akibatnya akan berdampak buruk terhadap kesehatan yaitu dapat merusak beberapa organ dan jaringan seperti jantung, ginjal dan lainnya.

BACA JUGA:5 Bahaya Terlalu Sering Makan Telur Bagi Kesehatan, Jerawatan, Jantung Hingga Diabetes

BACA JUGA:9 Manfaat Makan Ceker Ayam Untuk Tubuh, Mencegah Kriput dan Nomor 5 Tak Disangka-Sangka

Penderita diabetes di bagi menjadi 2 jenis yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 merupakan sistem imun menyerang dirinya sendiri. Sedangkan diabetes tipe 2 kondisi tubuh tidak membuat insulin.

Diabetes di sebabkan oleh adanya hiperglikemia yang tinggi dalam tubuh sehingga menyebabkan penumpukan glukosa dalam darah. 

Terdapat beberapa faktor penyebab diabetes tipe 1 yaitu riwayat keluarga, faktor geografi, usia, serta konsumsi susu sapi di usia dini.

Sementara untuk penyebab diabetes tipe 2 adalah obesitas, distribusi lemak perut yang tinggi, riwayat keluarga, ras kulit, usia, riwayat diabetes saat hamil, serta pola hidup yang tidak sehat.

Bagi penderita diabetes terdapat gejala-gejala yang di tunjukan ketika mengalami penyakit diabetes. Gejala-gejala tersebut seperti :

• Meningkatnya rasa haus

• Frekuensi buang air kecil meningkat

• Mudah lelah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: