Sederet Pahlawan Nasional Yang Jarang Diingat, Jarang ada Dalam Buku Pelajaran

Sederet Pahlawan Nasional Yang Jarang Diingat, Jarang ada Dalam Buku Pelajaran

Sederet Pahlawan Nasional Yang Jarang Diingat, Jarang ada Dalam Buku Pelajaran--

RADARMUKOMUKO.COM - Dari sekian banyak pahlawan nasional yang sudah berjasa untuk bangsa ini, beberapa diantaranya jarang diingat oleh masyarakat. Sebab nama mereka jarang ada dalam buku pelajaran dan tidak ada dalam uang kertas.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa diantara pahlawan nasional yang kurang dikenal:

S.K. Trimurti

Surastri Karma Trimurti, adalah istri dari Sayuti Melik, seorang pengetik naskah proklamasi. Namun jauh sebelumnya S.K. Trimurti sudah berjuang untuk bangsa hingga ia disebut wanita yang berperan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

BACA JUGA:Surastri Karma Trimurti: Pahlawan Perempuan yang Berjuang di Bidang Jurnalistik dan Politik

BACA JUGA:Cinta Beda Agama Pahlawan, Ada Yang Gagal Menikah, Bercerai dan ada Yang Langgeng

Perjuangan S.K. Trimurti lewat menjadi seorang wartawati, guru, sekaligus penulis membuatnya harus ditangkap hingga dipenjara.

S.K. Trimurti berusaha menyadarkan bangsa Indonesia, ia menulis beberapa surat kabar dan memperjuangkan kebebasan pers, berekspresi, hingga memperjuangan kaum-kaum yang tertindas.

Wikana

Wikana juga sangat jarang dikenal, era kabinet Pedana Menteri Sjahrir, Wikana pernah menjadi menteri negara urusan pemuda.

Kiprahnya untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia terwujud yakni dalam bentuk dorongan pada Bung Karno agar segera mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia.

Saat itu, Informasi bahwa Jepang sudah mengalami kekalahan pada Perang Dunia II sudah tersebar. Wikana juga berhasil membujuk para militer Jepang agar tetap membiarkan upacara pembacaan teks proklamasi 1945 berlangsung.

Bernard Wilhem Lapian

Bernard Wilhem Lapian merupakan pejuang kelahiram Minahasa. Ia sudah berjuang sejak Belanda menjajah Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan melawan Jepang hingga zaman kemerdekaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: