Pantai Markisa Objek Wisata Bersejarah dari Mukomuko, Tempat Pelarian Tentara Inggris

Pantai Markisa Objek Wisata Bersejarah dari Mukomuko, Tempat Pelarian Tentara Inggris

Pantai Markisa Objek Wisata Bersejarah dari Mukomuko, Tempat Pelarian Tentara Inggris--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COMPantai Markisa. Sebuah objek wisata pantai dengan bentangan panjang lebih kurang 2,5 kilometer yang terletak di Desa Pasar Bantal, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu. 

Kawasan objek wisata ini, ternyata memiliki nilai sejarah. Erat kaitannya dengan keberadaan East India Company (EIC), kongsi dagang bentukan Kerajaan Inggris untuk menguasai perdagangan rempah di wilayah Pantai Barat Sumatera.

Dari cerita rakyat, sepanjang kawasan pantai di wilayah Pasar Bantal, Teramang Jaya, pernah diduduki tentara Inggris. Daerah ini dijadikan sebagai tempat pelarian tentara Inggris. Mereka menempati daerah ini, membentuk sebuah pertahanan ketika menghadapi serangan Prancis. 

Tercatat dalam sejarah, serangan Prancis terhadap Inggris di wilayah Bengkulu terjadi pada tahun 1760. Prancis membombardir pusat perdagangan rempah yang telah dikuasai Inggris di bawah kendali EIC dari dalam Fort Marborough Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Beras Subsidi Pemerintah Program SPHP Bakal Jamah Pasar Mukomuko, Masyarakat Boleh Jadi Mitra Pemasar

BACA JUGA:Wow! Paripurna Pergantian Unsur Pimpinan DPRD Mukomuko Gagal

Akibat dari serangan Prancis, menyebabkan kerugian besar bagi EIC. Kerusakan Fort Marlborough, ditenggelamkannya Kapal Denham milik loji Inggris. 

Dari berbagai sumber, pada 10 Mei 1760, Comte d’Estaing, Prancis memimpin pasukanya menyerang Benteng Anna. Benteng Anna ini merupakan sebuah bangunan bersejarah dibangun Inggris yang berlokasi di Mukomuko, Bengkulu. Sekarang masuk wilayah administrasi Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.  

Tidak membutuhkan waktu lama, Comte d’Estaing beserta bala tentaranya berhasil meruntuhkan Benteng Anna, milik kerajaan Inggris. Akibat dari serangan itu, ratusan serdadu Inggris dan sejumlah tentara bayarannya berupaya melarikan diri. Pelarian para tentara Inggris ini juga sampai ke wilayah Pasar Bantal dan sekitarnya. 

Dari beberapa bukti sejarah, di sepanjang Pantai Pasar Bantal banyak ditemukan berbagai senjata milik tentara Inggris. Sejumlah meriam dan buliran peluru pernah ditemukan di wilayah ini. 

Kini, kawasan tempat pelarian tentara Inggris di wilayah Pasar Bantal dikembangkan menjadi salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Mukomuko. Objek wisata tersebut dinamakan dengan Pantai Markisa. 

Penamaan Pantai Markisa dan Perkembangannya

Pantai Markisa diambil dari sebutan warga masyarakat. Karena di kawasan pantai ini pernah ditumbuhi secara liar oleh tanaman buah bernama markisa. 

BACA JUGA:Apungkan Dugaan Transaksi Jual Beli Aset Pemkab Mukomuko, Ali Akbar: Kami Minta Kepolisian Sigap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: