Ini Rahasia di Balik Bahasa Belanda, Bahasa yang Masih Dipakai di Indonesia

Ini Rahasia di Balik Bahasa Belanda, Bahasa yang Masih Dipakai di Indonesia

Ini Rahasia di Balik Bahasa Belanda, Bahasa yang Masih Dipakai di Indonesia--

RADARMUKOMUKO.COM - Indonesia pernah menjalani masa kolonialisme selama lebih dari tiga abad oleh Belanda

Selama itu, bahasa Belanda menjadi bahasa resmi yang digunakan dalam berbagai bidang, seperti pemerintahan, pendidikan, dan hukum. 

Namun, setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, bahasa Belanda mulai ditinggalkan dan digantikan oleh bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan persatuan.

Meskipun demikian, bahasa Belanda tidak sepenuhnya hilang dari Indonesia. Bahasa ini masih dipakai oleh sebagian masyarakat Indonesia, terutama mereka yang berpendidikan tinggi atau berasal dari generasi tua yang pernah belajar bahasa Belanda di sekolah-sekolah kolonial.

Bahasa Belanda juga masih menjadi sumber pinjaman kata untuk memperkaya kosakata bahasa Indonesia, seperti kantor, dokter, kamar, meja, kursi, dan sebagainya.

Selain itu, bahasa Belanda juga masih memiliki nilai sejarah dan budaya bagi Indonesia. 

BACA JUGA:Senjata Andalan Sultan Hasanuddin Keris Cakra Donya, Bisa Memancarkan Cahaya Terpaksa Diserahkan Ke Belanda

BACA JUGA:Dianggap Jajah Indonesia 350 Tahun, Begini Awal Mula Belanda Datang Hingga Merdeka 1945

Banyak dokumen-dokumen penting yang ditulis dalam bahasa Belanda, seperti naskah proklamasi kemerdekaan, konstitusi, perjanjian-perjanjian internasional, arsip-arsip pemerintahan, dan karya-karya sastra.

Bahasa Belanda juga menjadi bagian dari identitas dan warisan beberapa kelompok etnis di Indonesia, seperti Indo-Eropa, Ambon, Manado, dan Betawi.

Oleh karena itu, bahasa Belanda masih layak dipelajari dan dilestarikan di Indonesia. Bahasa ini dapat membantu kita memahami sejarah dan budaya bangsa kita sendiri, serta menjalin hubungan dengan negara-negara lain yang menggunakan bahasa Belanda, seperti Belanda, Suriname, Afrika Selatan, dan Belgia.

Bahasa Belanda juga dapat membuka peluang karir dan pendidikan bagi mereka yang ingin bekerja atau belajar di bidang-bidang tertentu yang berkaitan dengan bahasa Belanda.

Tidak hanya itu, bahasa Belanda juga memiliki beberapa keunikan dan kelebihan yang dapat menarik minat kita untuk mempelajarinya. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

- Bahasa Belanda adalah salah satu dari 24 bahasa resmi Uni Eropa, yang merupakan organisasi politik dan ekonomi terbesar di dunia. Dengan menguasai bahasa Belanda, kita dapat mengakses informasi dan peluang yang ada di Uni Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: