Ini Informasi Terbaru Terkait Rencana Pembangunan 4 Unit Jembatan Inpres di Mukomuko

Ini Informasi Terbaru Terkait Rencana Pembangunan 4 Unit Jembatan Inpres di Mukomuko

Ini Informasi Terbaru Terkait Rencana Pembangunan 4 Unit Jembatan Inpres di Mukomuko --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Informasi terbaru, ada perubahan rencana pembiayaan terhadap 4 unit jembatan yang menjadi target pembangunan dana Inpres di Kabupaten MUKOMUKO, Bengkulu tahun 2024.

Informasi ini disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST., MT kepada radarmukomuko.com, Kamis, 5 Oktober 2023.

‘’Ya, ada sedikit perubahan informasi mengenai usulan jembatan Inpres, dan saat ini sedang berproses,’’ kata Apriansyah.     

Dikatakan Apriansyah, mulanya Pemkab Mukomuko mengusulkan pembangunan 4 unit jembatan kepada pemerintah pusat untuk dibangun melalui dana Instruksi Presiden (Inpres).

BACA JUGA:Pra Kontrak Proyek RS Pratama Mukomuko Kritis, Jaksa Cabut Pendampingan Karena Mencium Aroma Mencurigakan

Empat unit jembatan itu, jembatan konektivitas perekonomian masyarakat di Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit. Jembatan akses masyarakat Desa Talang Buai, Kecamatan Selagan Raya. Jembatan Lubuk Silandak, Kecamatan Teramang Jaya dan Jembatan Resno, Kecamatan V Koto. 

‘’Tindak lanjut dari usulan, empat unit jembatan itu telah diverifikasi oleh BPJN. Namun ada sedikit rencana perubahan dalam penganggaran, tidak semua jembatan akan dibangun melalui dana Inpres,’’ kata Apriansyah.  

Dijelaskan, ada beberapa sumber anggaran yang bakal dialokasikan pemerintah untuk merealisasikan pembangunan 4 unit jembatan tersebut. 

Pertama, untuk Jembatan Pondok Lunang. Menurut Apriansyah, lokus pembangunan jembatan ini akan dibantu melalui sumber dana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

‘’Untuk Jembatan Pondok Lunang, posisi sekarang tinggal menunggu verifikasi pusat,’’ ujarnya.   

Untuk rencana pembangunan Jembatan Lubuk Silandak, saat ini juga masih proses di tingkat pusat. Khusus untuk jembatan ini, kata Apriansyah, Pemkab Mukomuko berupaya mendapatkan bantuan hibah rangka bangunan atas dari Kementerian PUPR. 

BACA JUGA:Prediksi BMKG, Kemarau Segera Berakhir, Siap-Siap Musim Penghujan Akan Tiba

Sementara, 2 unit jembatan lagi, Jembatan Talang Buai dan Jembatan Resno, hingga posisi sekarang belum ada perubahan rencana pembiayaan. 

‘’Sesuai dengan hasil komunikasi terakhir, yang murni di bangun menggunakan dana Inpres di 2024, difokuskan untuk jembatan Talang Buai dan Resno. Besar harapan kita, dengan banyaknya sumber dana ini, semakin banyak peluang pembangunan yang didapatkan daerah,’’ paparnya. 

Khusus untuk Jembatan Lubuk Silandak, posisi sekarang telah memiliki bangunan pondasi dan ini dibangun daerah pada tahun 2019 lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: